Pengertian Teks Prosedur Struktur, Ciri, Contoh dan Cara Membuat

Sultranesia.id – Teks prosedur adalah jenis teks yang menjelaskan kepada pembaca langkah – langkah yang harus diikuti secara akurat dan akurat. Biasanya langkah-langkah pembuatan, mengerjakan suatu pekerjaan, atau menggunakan alat tertentu.

Tujuan untuk melakukan atau melakukan sesuatu dengan benar, langkah demi langkah secara berurutan untuk memperoleh tujuan yang dituju.

Teks prosedur biasanya dalam bentuk tertulis, dengan konsep metode, tip, atau pedoman untuk melakukan panduan-panduan tertentu. Teks prosedur berisi kata perintah untuk melakukan apa yang diperintahkan di dalam teks sehingga auidens melakukan apa yang diperintahkan oleh teks.

Kali ini kami akan memberikan informasi tentang teks prosedur, yang dalam hal ini akan diuraikan misalnya tentang pengertian, tujuan, jenis, ciri dan contoh, agar kamu dapat lebih mengerti dan mengerti, langsung saja simak artikel berikut di bawah ini.

Apa Itu Teks Prosedur?

Apa Itu Teks Prosedur

Pengertian teks prosedur merupakan prosedur untuk menginstruksikan audiens kamu tentang cara menyelesaikan tugas tertentu. Umumnya ini kemudian dibagi menjadi dua kategori, bagaimana melakukan sesuatu dan bagaimana melakukan sesuatu.

Tujuan dari pengertian teks prosedur adalah untuk memberikan informasi atau arahan berurutan sehingga orang dapat berhasil melakukan aktivitas dengan cara yang aman, efisien dan tepat. Resep dan eksperimen sains adalah contoh umum dari teks prosedural. Mereka menggunakan heading dan sub-heading, mereka dapat disusun dengan cara berikut.

Beberapa bentuk teks prosedural yang umum adalah.

1. Petunjuk

Bagaimana cara saya pergi ke suatu tempat? Instruksi yang sangat spesifik termasuk nama dan judul lokasi. Bahasa formal diperlukan dan penambahan peta akan membuat instruksi kamu menjadi lebih mudah dimengerti.

2. Instruksi

Bagaimana saya melakukan sesuatu? Bahasa yang kamu gunakan harus memenuhi kebutuhan audiens dan kamu mungkin perlu menyertakan diagram jika ada elemen kompleks yang harus diselesaikan.

3. Resep

Bagaimana cara memasak sesuatu? Resep adalah teks universal. Ada ekspektasi yang sangat jelas dari penonton, jadi jangan pernah menyimpang dari hal-hal yang esensial. Bahan, metode, dan beberapa visual sangat penting.

4. Aturan Untuk game

Bagaimana cara memainkan ini? Perhatikan audiens kamu dan tulislah dengan gaya dan bahasa yang akan mereka pahami. kamu hampir pasti membutuhkan visual dalam gaya penulisan ini.

5. Manual

Bagaimana cara mengoperasikannya? Apakah ada peringatan yang perlu saya waspadai sebelum melanjutkan? Berikan penjelasan yang spesifik.

6. Agenda

Apa yang kita lakukan? Kapan kita melakukannya? Siapa yang bertanggung jawab?

Jelas bahwa memiliki pemahaman pengertian teks prosedur yang baik tentang jenis penulisan genre ini memiliki banyak kemungkinan penerapan kehidupan nyata bagi masyarakat. Beruntung untuk genre yang begitu penting, teks prosedural adalah salah satu genre yang lebih mudah untuk diajarkan dan berhasil diproduksi sebagai pemahaman.

Sebagai genre nonfiksi yang relatif lugas, pengertian teks prosedur dalam berbagai bentuknya seringkali lebih mudah dipahami oleh masyarakat yang tidak memiliki minat alami untuk menulis daripada beberapa genre penulisan yang lebih kreatif. Pembelajaran serangkaian kriteria akan memastikan bahwa masyarakat yang lebih lemah pun dapat menghasilkan teks prosedural yang koheren dan berhasil.

Perbedaan Teks Prosedur Dan Teks Penjelasan

Teks penjelasan memang mirip dengan pengertian teks prosedur , dan ini sering membingungkan, namun teks penjelasan menjelaskan bagaimana dan mengapa di balik suatu proses seperti.

  • Apa yang menyebabkan Tsunami?
  • Mengapa hutan hujan kita menghilang?
  • Proses pembuatan aluminium.

Sebuah teks prosedural umumnya menginstruksikan bagaimana membuat atau melakukan sesuatu seperti resep. Meskipun mereka tampak serupa, mereka sangat berbeda jika dibandingkan secara berdampingan.

Struktur Teks Prosedur

  1. Judul, Judul menunjukkan tujuan atau sasaran dari prosedur kamu.
  2. Bagian, Jaga semuanya tetap teratur dan teratur
  3. Subheading, Subpos seperti bahan, apa yang harus dilakukan selanjutnya, peringatan menunjukkan tahapan prosedur.
  4. Urutan, Semuanya diatur dalam urutan terjadinya dan setiap langkah baru harus dimulai pada baris baru.
  5. Visual,  Untuk meningkatkan teks prosedural dan memperkuat instruksi teknis. Peta, diagram, dan foto sangat penting.

Mengingat berbagai macam bentuk pengertian teks prosedur, kita tidak boleh berharap bahwa semua struktur dan fitur yang digariskan akan berlaku sama untuk setiap jenis teks. Namun, berikut ini adalah beberapa nasihat umum yang berharga bagi kamu untuk diingat ketika mereka mempertimbangkan register bahasa teks mereka.

Pengertian teks prosedur adalah salah satu dari sedikit genre penulisan yang secara teratur menggunakan kata ganti orang kedua yang ditujukan kepada pembaca secara umum. Seringkali akan tersirat melalui penggunaan imperatif di, atau di dekat, awal kalimat.

Mengingat sifat jenis pengertian teks prosedur, bentuk waktu sekarang sederhana adalah bentuk waktu yang disukai untuk jenis tulisan ini. Dalam hal ini, ini menawarkan kesempatan besar untuk fokus pada kerja kata kerja, terutama pada imperatif.

Kata-kata perintah ini, atau kata-kata memerintah, seperti potong , ambil , tahan sering digunakan untuk memberi perintah kepada pembaca untuk diikuti saat mereka bergerak selangkah demi selangkah melalui proses yang diuraikan dalam teks.

Pengertian teks prosedur ini adalah jenis nonfiksi dan ini harus tercermin dalam pilihan bahasanya. Ada sedikit atau tidak ada tempat di sini untuk penerbangan imajinasi atau pergantian frasa kiasan.

kamu harus tetap berpegang pada pilihan kata dan struktur kalimat yang sederhana dan lugas. Mereka harus memasukkan deskripsi faktual rinci tentang berbagai hal, di mana ini akan meningkatkan pemahaman pembaca; bentuk, ukuran, warna, jumlah harus disertakan agar dapat meningkatkan pemahaman ini.

Kalimat juga harus memberikan informasi rinci tentang bagaimana melakukan setiap langkah dalam pengertian teks prosedur proses yang diuraikan. Misalnya, hapus dengan hati – hati daripada hanya menghapus – ketika perawatan diperlukan untuk kinerja yang memuaskan, pastikan itu dinyatakan secara eksplisit.

Tindakan harus diuraikan secara berurutan dan penghubung waktu dapat digunakan untuk membantu mengatur langkah-langkah yang diperlukan secara kronologis. Misalnya penggunaan kata adverbial time, seperti: pertama, kedua , sebelumnya, lalu, kemudian, setelah itu, dan selanjutnya.

Imbaulah untuk kamu sebagai pembuat prosedur untuk berfokus pada pengertian teks prosedur tentang menjawab pertanyaan tentang di mana dan kapan setiap tindakan yang mereka instruksikan untuk diikuti pembaca.

Komponen Utama Teks Prosedur

Komponen Utama Teks Prosedur

Sasaran Atau Tujuan

Komponen ini membahas bagian apa . Ini akan mengacu pada apa yang harus dilakukan atau dibuat. Seringkali ini juga memberikan judul teks itu sendiri. Seringkali ini akan dinyatakan dalam bentuk kalimat ‘bagaimana’ atau nama benda yang akan dibuat sendiri.

Baca juga  Surat Dinas, Pengertian, Struktur, Fungsi, Ciri dan Contohnya

Dengan teks prosedural yang lebih teknis, judul mungkin lebih umum dan standar, seperti Manual Pengoperasian atau Panduan Pengguna atau dalam bentuk paling dasar, Instruksi .

Untuk membantu kamu dalam memahami pentingnya judul dan hubungannya dalam pengertian teks prosedur dengan tujuan teks, berikan mereka seperangkat teks prosedural dengan judul dihapus. Dalam kelompok, minta mereka bertukar pikiran tentang berbagai judul untuk teks tersebut.

Setelah selesai membuat pengertian teks prosedur, ungkapkan judul asli dari teks tersebut dan bandingkan dengan saran yang dibuat oleh kelompok. Segera mereka akan mulai melihat pola berkembang dan ini akan membantu mereka ketika mereka datang untuk menghasilkan dan memberi nama teks prosedural mereka sendiri.

Sumberdaya

Biasanya dilakukan dalam bentuk list, komponen ini bisa juga diberi judul Perlengkapan , Peralatan , Bahan – bahan , barang yang dibutuhkan dan lain – lain dan cukup jelas. Komponen ini terdiri dari daftar hal-hal yang diperlukan untuk menyelesaikan prosedur yang diuraikan dalam teks.

Untuk resep, ini jelas akan mencakup hal-hal seperti bahan, tetapi mungkin juga termasuk hal-hal seperti peralatan dan peralatan yang diperlukan untuk mengikuti resep itu sampai selesai. Untuk furnitur kemasan datar, misalnya, barang seperti obeng, kunci pas, lem akan membentuk bagian ini.

Teks prosedural percobaan sains akan mencakup peralatan seperti pembakar Bunsen, tabung reaksi, kertas lakmus, dll. Terlepas dari tujuan khusus teks yang dipermasalahkan, sumber daya yang tercantum dalam bagian ini biasanya akan disajikan sesuai urutan penggunaannya, sejauh karena ini relevan atau mungkin.

Langkah – Langkah

Ini adalah inti dari pengertian teks prosedur karena menguraikan langkah demi langkah metodologi yang harus diikuti dalam prosedur itu sendiri. Sekali lagi, judul bagian teks prosedural ini dapat bervariasi tergantung pada jenis penulisannya. Panduan pengguna dan manual instruksional yang lebih panjang akan memiliki daftar langkah-langkah yang kompleks dan ekstensif untuk diikuti yang akan menggunakan subtitle dan subbagian untuk menjelaskan proses mikro dalam pengertian teks prosedur yang lebih luas yang sedang dijelaskan.

Teks yang lebih sederhana, seperti resep, akan memiliki struktur yang jauh lebih sederhana. Penting untuk mendorong kamu untuk berpikir secara logis tentang proses yang mereka coba uraikan dalam tulisan mereka. Terlalu sering kamu menulis sendiri ke sudut ketika mereka mencoba untuk menggambarkan prosedur yang rumit sambil berjuang dengan kesulitan teknis membangun kalimat yang sesuai tata bahasa.

Aturan praktis yang baik untuk penulis mahasiswa adalah menggunakan banyak kalimat pendek dan sederhana saat menulis tentang ide-ide kompleks. Kami akan berbicara lebih banyak tentang aspek ini ketika kami membahas fitur bahasa secara lebih rinci.

Kesimpulan

Kesimpulan dari teks prosedural menawarkan panduan kepada pembaca tentang bagaimana mereka dapat mengevaluasi keberhasilan prosedur yang telah diikuti. Ini dapat berupa, misalnya, deskripsi makanan yang telah selesai untuk teks resep atau deskripsi furnitur yang telah dirakit dalam panduan instruksi kemasan datar. Bergantung pada jenis teks yang dipermasalahkan, sering kali ilustrasi dapat digunakan untuk memperkuat seperti apa prosedur yang berhasil diikuti nantinya.

Tips Menulis Teks Prosedur

Tips Menulis Teks Prosedur

Selalu Gunakan Subheading Untuk Mempertahankan Pembaca

Subheading terdiri seperti bahan, apa yang harus dilakukan selanjutnya, peringatan menunjukkan tahapan prosedur. Untuk menambah pemahaman kamu tentang subheading berikut contoh penulisan subheading adalah sebagai berikut.

Resep – Sub heading

  • Bahan
  • Metode
  • Saran Penyajian

Laporan Sains – Sub heading

  • Tujuan atau Hipotesis
  • Manfaat
  • Metode
  • Hasil
  • Kesimpulan

Berpikirlah Dengan Logis Dan Berasumsi Sedikit

Tantangan dalam menulis teks prosedural yang baik adalah menyampaikan instruksi kamu dengan cara yang logis. Pastikan pengertian teks prosedur instruksi kamu langsung ke intinya dan bahwa sebagai penulis memahami apa yang ingin kamu capai. Kamu benar-benar ingin menjawab tiga pertanyaan kepada audiens.

  • Apa yang saya perlukan untuk menyelesaikan tugas ini?
  • Apa yang harus saya lakukan untuk menyelesaikan tugas ini?
  • Bagaimana saya tahu jika saya menyelesaikan tugas dengan benar?

Pastikan kamu juga memahami audiens dengan jelas, karena ini akan berdampak besar pada bahasa yang kamu gunakan.

Selalu Posting Gambar

Seringkali sulit untuk mendeskripsikan tindakan dengan kata-kata – bahkan untuk penulis ulung. Melihat sekilas halaman olahraga di surat kabar akan segera mengungkapkan pentingnya visual dalam menyampaikan informasi.

Kamu akan menemukan foto-foto yang menunjukkan komitmen dan pengorbanan atlet terhadap olahraga mereka jauh lebih baik daripada yang bisa disampaikan oleh kebanyakan dari kita dengan kemampuan bahasa kita yang sedikit.

Tetapi foto bukan satu-satunya cara visual untuk memperkuat kata-kata tertulis dalam teks prosedural. kamu dapat, tergantung pada sifat teks, menggunakan diagram, skema, tabel, bahkan kartun! Seperti halnya teks tertulis, gambar-gambar ini akan sering diurutkan secara berurutan bersama dengan teks yang sesuai dan biasanya akan diberi label atau disertai dengan keterangan.

Poin Yang Perlu Dipertimbangkan

  • Apa yang harus dilakukan atau dibuat? Apa maksud atau tujuannya? Apa judul prosedur?
  • Apa yang dibutuhkan untuk menyelesaikan ini? Bahan, bahan, alat dan lain sebagainya.
  • Dalam urutan apa hal-hal itu harus dilakukan? Apa langkah-langkah dalam prosesnya? Apa cara terbaik untuk mengatur dan mempresentasikannya?
  • Apa yang akan kamu tambahkan ke teks tertulis untuk membantu audiens lebih memahami? (diagram, ilustrasi, gambar, dan lain – lain.)

Apa Yang Harus Ditulis

Jadi, bagaimana kita dapat membangkitkan minat kamu menghasilkan teks yang lengkap? Salah satu caranya adalah berkreasi dengan judul teks prosedural yang kamu minta untuk mereka produksi. Misalnya, jika kami mengajarkan penulisan resep, kamu mungkin sedikit kurang senang diberi tugas menulis resep tentang ‘Cara Membuat Telur Orak-Arik’.

Mengapa tidak menambahkan sedikit imajinasi ke dalamnya? Bagaimana dengan, ‘Cara Membuat Sandwich Paling Menjijikkan di Dunia’ – sekarang, bukankah itu sedikit lebih menarik? Tentu, tidak ada yang benar-benar akan membuat produk akhir – siapa yang menginginkan sandwich kliping kuku yang dihiasi dengan boogers?.

Namun, kamu masih harus mengatur teks mereka ke struktur yang sama seperti yang dijelaskan di atas. Mereka harus mempertimbangkan fitur bahasa yang sama dan mengukur keberhasilan, atau sebaliknya,

Cara lain untuk memastikan keterlibatan kamu dalam penulisan teks prosedural adalah dengan menetapkan mereka topik yang menarik minat mereka sendiri secara khusus. Ini mungkin minat olahraga – Cara Melakukan Tendangan Penalti , yang musikal – Cara Menyetem Gitar , atau tugas berbasis seni dan kerajinan – Cara Membuat Pesawat Kertas . Yang dibutuhkan hanyalah topik yang menarik minat kamu dan yang memiliki kompetensi tertentu.

Sekalipun kamu sesuatu yang tidak dikuasai, dan jika tidak terlalu rumit, mereka mungkin ingin mengambil kesempatan belajar dan meneliti sesuatu yang baru dengan maksud untuk menulis teks prosedural berdasarkan apa yang mereka pelajari. Ini bisa bagus untuk proyek jangka panjang dan juga bisa dikaitkan dengan hal-hal yang telah mereka pelajari di mata pelajaran lain di sekolah.

Merekonstruksi pembelajaran mereka dengan cara ini menawarkan banyak peluang penilaian tersembunyi bagi guru, memberikan informasi berharga untuk menginformasikan perencanaan masa depan dan untuk menyediakan data untuk pencatatan dan pelaporan.

Baca juga  Teks Laporan Hasil Observasi, Pengertian, Struktur dan Contoh

Mengukur Kesuksesan Prosedur

Di awal panduan ini kami menguraikan empat komponen utama dari teks prosedural, yang terakhir adalah kesimpulan. Kesimpulannya, kami nyatakan, “menawarkan panduan kepada pembaca tentang bagaimana mereka dapat mengevaluasi keberhasilan prosedur yang telah diikuti.”

Salah satu cara agar dapat mencapainya adalah dengan menggunakan daftar periksa Kriteria Sukses . Ciri-ciri yang harus disertakan untuk dapat dicantumkan di kolom kiri dan di kolom kanan penulisan dapat memeriksa apakah mereka memiliki fitur tersebut, atau mengutip contoh sebagai bukti dari teks mereka sendiri.

Sebagai contoh:

Agar siswa berhasil menghasilkan karya genre tulisan mereka sendiri, mereka harus menginternalisasi fitur genre tulisan itu. Untuk melakukan ini, mereka harus dihadapkan pada contoh genre yang berhasil dan tidak berhasil untuk mengembangkan pengertian kritis yang baik. Penilaian rekan adalah cara yang baik untuk mencapai hal ini. Mintalah siswa Anda bertukar pekerjaan mereka satu sama lain dan, dengan menggunakan templat yang mirip dengan contoh di atas, mereka dapat menilai pekerjaan satu sama lain. Ini adalah metode yang bagus untuk memberi siswa Anda latihan yang diperlukan untuk menginternalisasi kriteria untuk penulisan prosedural yang sukses. Memvariasikan jumlah dan kompleksitas item pada daftar periksa kriteria adalah cara yang nyaman untuk memenuhi berbagai usia dan kemampuan juga.

Jika Pada Awalnya Kamu Tidak Berhasil

Seperti yang saya nyatakan sebelumnya dalam artikel ini, teks prosedural adalah salah satu genre penulisan yang lebih mudah dikuasai. Namun demikian, penguasaan hanya datang dengan latihan yang terfokus. Meskipun secara struktural genre ini cukup mudah dipahami oleh masyarakat namun, masih banyak fitur bahasa yang perlu dipertimbangkan dan aturan gaya yang harus dipatuhi.

Selain itu, kompleksitas berbagai jenis teks prosedural juga sangat beragam; dari resep sederhana hingga manual pengguna yang rumit. Semua ini membutuhkan latihan yang cukup, jadi penting bahwa kamu diberikan kesempatan rutin untuk mengasah berbagai keterampilan yang dibutuhkan untuk menulis dengan baik. Beberapa dari pembelajaran ini akan berlangsung dalam sesi diskrit yang didedikasikan untuk penulisan teks prosedural.

Kiat Menulis Teks Prosedur

  • Jaga semuanya agar tetap teratur.
  • Buat daftar semua item yang akan dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas.
  • Buat instruksi kamu tetap pendek, tajam, dan langsung ke intinya.
  • Gunakan bahasa dan istilah yang benar.
  • Temukan atau buat beberapa diagram berlabel jika memungkinkan.
  • Gunakan paragraf secara efektif. Setiap elemen baru dari laporan informasi kamu harus dimulai dengan paragraf baru. Pastikan untuk memeriksa panduan lengkap kami sendiri untuk menulis paragraf yang sempurna di sini .
  • Teks prosedural selalu ditulis dalam bentuk waktu sekarang dan dari sudut pandang orang ketiga.

Contoh Teks Prosedur

Contoh Teks Prosedur

Cara Membuat Rendang Telur Puyuh Dan Telur Ayam

Bahan:

  • 20 butir telur puyuh rebus
  • Santan dari 1 butir kelapa
  • Jumlah minyak secukupnya
  • Lengkuas secukupnya
  • 2 batang serai
  • Gula merah
  • 5 butir telur ayam rebus
  • 3 lembar daun jeruk
  • Kecap manis

Bahan bumbu:

  • 4 siung bawang putih
  • 4 batang daun bawang
  • Kunyit secukupnya
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 3 buah cabai merah
  • Garam secukupnya

Bagaimana cara melakukannya :

  • Rebus telur dan saring, lalu goreng telur hingga agak menguning.
  • Campur semua bumbu halus.
  • Tumis bumbu halus, tambahkan batang serai, daun salam dan daun jeruk.
  • Setelah santan tercium harum, tunggu sampai matang.
  • Masukkan telur, aduk hingga mengental.
  • Tambahkan gula merah dan kecap secukupnya.
  • Tes rasa dan rendang telur siap disajikan.

Cara Membaca Puisi Dengan Baik

  • Baca Puisi Itu Perlahan

Kebanyakan remaja berbicara dengan cepat, dan pembaca yang gugup akan cenderung melakukan hal yang sama untuk menyelesaikan bacaannya. Membaca puisi perlahan-lahan adalah cara terbaik untuk memastikan puisi terbaca dengan jelas dan dipahami oleh pendengarnya.

Belajar membaca puisi perlahan-lahan tidak hanya akan membuat puisi itu lebih mudah didengar; itu akan menggarisbawahi pentingnya puisi dari setiap kata. Puisi tidak dapat dibaca terlalu lambat, dan cara yang baik bagi pembaca untuk mengatur kecepatan adalah dengan berhenti sejenak di antara judul dan baris pertama puisi itu.

  • Bacalah Dengan Nada Suara Yang Normal Dan Santai

Tidak perlu memberikan puisi-puisi ini bacaan dramatis seolah-olah dari panggung. Puisi yang dipilih sebagian besar ditulis dengan gaya sehari-hari yang natural dan harus dibaca seperti itu. Biarkan kata-kata puisi yang bekerja. Bicaralah dengan jelas dan perlahan.

  • Baca Dengan Jelas

Berhenti di akhir setiap baris akan menciptakan efek berombak dan mengganggu aliran makna puisi. Pembaca sebaiknya berhenti hanya jika ada tanda baca, seperti yang Anda lakukan saat membaca prosa, hanya dengan lebih lambat.

  • Gunakan Kamus Untuk Mencari Kata-Kata Asing dan Kata-Kata Yang Sulit Diucapkan

Untuk membaca dengan yakin, pembaca perlu mengetahui setidaknya arti kamus dari setiap kata. Dalam beberapa kasus, pembaca mungkin ingin menulis sebuah kata secara fonetik sebagai pengingat bunyinya.

Perlu ditekankan bahwa belajar membaca puisi dengan suara keras adalah cara untuk mencapai pemahaman penuh tentang puisi itu, mungkin cara yang lebih baik daripada menulis makalah tentang subjek tersebut.

Cara Membuat Daging Wellington

BAHAN

  • 2 x 400 g fillet daging sapi
  • Minyak zaitun untuk menggoreng
  • 500 g campuran jamur liar, kupas
  • 1 tangkai daun timi saja
  • 500 g puff pastry
  • 8 potong ham Parma
  • Kocok 2 kuning telur dengan 1 sendok makan air dan sedikit garam
  • Garam laut dan lada hitam yang baru digiling

Untuk Bumbu :

  • 2 sendok makan minyak zaitun
  • 200 g daging sapi (minta tukang daging untuk memesan saat filleting)
  • 4 bawang merah besar, kupas dan cincang
  • 12 merica hitam
  • 1 lembar daun salam
  • 1 tangkai daun timi
  • Percikan cuka anggur merah
  • 1 botol anggur merah 750 ml
  • Kaldu sapi 750 ml

Cara Membuat :

  • Bungkus setiap potongan daging sapi dengan erat dalam tiga lapisan cling film untuk ditambahkan, lalu dinginkan semalaman.
  • Lepaskan cling film, segera goreng fillet daging sapi dalam wajan panas dengan sedikit minyak zaitun selama 30-60 detik, sampai semua bagian berwarna coklat, lebih jarang di bagian tengah. Angkat dari wajan dan biarkan dingin.
  • Cincang halus jamur dan goreng dalam wajan panas dengan sedikit minyak zaitun, isyarat. Saat jamur mulai mengeluarkan jus, lanjutkan memasak dengan api besar selama sekitar 10 menit, sampai semua kelembapan berlebih menguap dan tertinggal di pasta jamur (diketahui sebagai duxel). Keluarkan duxel dari wajan dan biarkan dingin.
  • Potong adonan menjadi dua, letakkan di atas permukaan yang sudah diberi sedikit tepung, dan gulung setiap irisan menjadi persegi panjang yang cukup besar untuk menutupi salah satu fillet daging sapi. Mendinginkan.
  • Letakkan loyang yang bagus di atas dan tengah 4 irisan ham Parma, sedikit lisan, untuk membuat persegi. Sebarkan setengah bagian duxel secara merata di atas ham.
  • Bumbui fillet daging sapi, lalu letakkan di atas ham bagian atas jamur. Gunakan cling film untuk membungkus ham Parma di atas daging sapi, lalu gulung dan ikat cling film untuk membuat batang kayu yang bagus dan rata. Ulangi langkah ini dengan fillet daging sapi lainnya, lalu dinginkan setidaknya selama 30 menit.
  • Olesi adonan dengan cairan telur. Keluarkan cling film dari daging, lalu bungkus adonan di sekitar fillet yang sudah dibungkus ham. Potong menjadi adonan dan olesi dengan telur orak-arik. Tutup dengan cling film dan dinginkan setidaknya selama 30 menit.
  • Sementara itu, siapkan saus anggur merah. Panaskan minyak dalam wajan besar, tumis irisan daging sapi selama beberapa menit, sampai semua sisinya berwarna cokelat.
  • Tambahkan bawang merah, paprika, bay dan thyme, masak sekitar 5 menit, aduk terus sampai bawang berwarna cokelat keemasan.
  • Tuangkan cuka dan biarkan menggelembung selama beberapa menit hingga hampir kering. Sekarang tambahkan anggur dan didihkan sampai hampir sepenuhnya berkurang. Tambahkan kaldu dan didihkan kembali. Kecilkan api dan biarkan mendidih selama 1 jam, buang sisa saus dari permukaan saus, sampai Anda mendapatkan kekentalan yang diinginkan. Saring cairan melalui saringan halus yang dilapisi kain kasa. Periksa bumbu dan sisihkan.
  • Saat Anda siap untuk memasak kaldu sapi, gores sedikit adonan dan olesi dengan cairan cair lainnya, panggang pada suhu 200 ° C / gas 6 selama 15-20 menit, sampai adonan berwarna cokelat keemasan dan matang. Istirahat selama 10 menit sebelum mengiris.
  • Sementara itu, panaskan sausnya. Sajikan irisan daging sapi dengan kuah sebagai tambahan.
  • Sajikan.
Baca juga  Surat Dinas, Pengertian, Struktur, Fungsi, Ciri dan Contohnya

Cara Membuat Sup Tortilla

Kaldu ayam:

  • 2 pon tulang ayam, mentah (punggung, leher, kaki, dan lain – lain)
  • 1 buah bawang bombay kuning, potong empat, akar halus
  • 2 wortel besar, cuci bersih dan potong 2 inci
  • 4 siung bawang putih
  • 2 sendok teh oregano Meksiko kering
  • ½ sendok teh biji jintan
  • 2 dada ayam, tanpa kulit tanpa tulang

Acar Pedas (Jalapeños en escabeche):

  • 1 sendok makan minyak netral, seperti canola
  • 1 pon jalapeños, dibilas dan dikeringkan, diiris menjadi irisan panjang, batang dan bijinya dibuang (jika diinginkan)
  • 1 pon wortel, kupas dan iris diagonal tipis sekitar inci
  • ½ bawang bombay, iris tipis sekitar ¼ inci
  • 6 siung bawang putih, kupas
  • 1 sendok teh garam kosher
  • 2 lembar daun salam
  • 1 sendok teh merica hitam
  • 1 sendok teh oregano kering, sebaiknya Meksiko
  • ½ sendok teh biji jintan
  • 2 cangkir cuka putih suling
  • 2 gelas air

Sup tortilla:

  • 5 tomat roma
  • 5 siung bawang putih, masih kupas
  • 1 bawang putih kecil (atau setengah besar), dikupas dan dipotong menjadi empat bagian dengan akar menempel pada setiap bagian
  • 2 buah cabai guajillo kering, bertangkai dan bijinya dibuang, robek menjadi potongan besar
  • 3 Jika Anda Ingin Lebih Pedas!
  • 3, tortilla jagung 6 inci, robek-potong
  • 6-8 cangkir kaldu ayam rumahan, bagi

Potongan Tortilla Renyah:

  • 6 tortilla jagung, potong-potong selebar ½ inci
  • Minyak sayur, untuk menggoreng
  • Garam halal

Quesadillas ayam, sejenis makanan Meksiko:

  • Dada ayam suwir (dipesan dari kaldu)
  • Tortilla jagung berkualitas baik
  • ½ cangkir keju Oaxaca parut
  • ½ cangkir keju cheddar atau mozzarella kelembaban rendah, parut
  • Sayuran Acar Pedas, cincang (opsional)

Intruksi Memasak

  • Panaskan oven dengan suhu 450˚F (232˚C) dan panggang tulang dan sayuran selama 45 menit – 1 jam, sampai tulang menjadi karamel.
  • Dalam panci besar, tambahkan sayuran dan tulang panggang, oregano dan jinten, lalu tuangkan dalam 12 gelas air. Didihkan kemudian kecilkan hingga mendidih. Setelah mendidih, tambahkan dada ayam dan biarkan masak sekitar 10-15 menit, sampai matang dengan suhu 74C (165˚F). Angkat dada ayam dari kaldu dan suwir segera setelah cukup dingin untuk ditangani. Sisihkan hingga siap digunakan, sebaiknya dalam wadah kedap udara di lemari es.
  • Biarkan kaldu mendidih setidaknya selama satu jam, lebih jika Anda punya waktu, hilangkan dan buang kotoran yang mengapung ke permukaan. Saring kaldu dan dinginkan sebelum didinginkan, jika tidak segera digunakan. Stok dapat disimpan dalam wadah kedap udara di lemari es hingga 5 hari, atau 3 bulan di dalam freezer.
  • Membuat Acar Pedas: Tempatkan panci besar dan berat di atas api sedang. Setelah panas, tambahkan minyak dan biarkan minyak menjadi panas. Tambahkan sayuran dan garam, tumis, aduk sesekali sampai mulai lunak, kurang lebih 5 menit. Tambahkan bumbu dan terus masak selama 5-10 menit, sampai sayuran lunak dan bawang menjadi bening. Kecilkan api jika ada yang mulai berubah warna menjadi cokelat. Tambahkan cuka dan air, dan biarkan mendidih selama 5-10 menit, sampai jalapeños menjadi hijau tentara. Angkat dari api dan biarkan dingin sebelum dipindahkan ke wadah kedap udara dengan tutup.
  • Membuat Sup Tortilla: Nyalakan broiler, atau atur wajan besar dari besi tuang dengan api sedang-besar. Setelah panas, bakar tomat, bawang putih, dan bawang bombay hingga hangus. Panggang sedikit cabai kering, tetapi jangan gosong. Setelah hangus, angkat siung bawang putih dari wajan dan setelah cukup dingin untuk menangani, kupas dan buang kulitnya. Pindahkan semua sayuran ke dalam blender dan tambahkan 2 cangkir kaldu ayam dan potongan tortilla. Blender hingga halus.
  • Tuang campuran ke dalam panci besar dan tambahkan 4-6 cangkir kaldu ayam lagi, tergantung pada seberapa kental atau encer sup yang Anda inginkan (perlu diingat bahwa sup akan sedikit mengental saat dimasak). Bumbui dengan garam, didihkan dan kecilkan api hingga mendidih, biarkan mendidih selama sekitar 30 menit. Saat sup mendidih, buat potongan tortilla Anda:
  • Membuat Potongan Tortilla Renyah: Letakkan wajan berdinding tinggi di atas api sedang dan tuangkan minyak sampai dalamnya sekitar ½ inci. Biarkan minyak menjadi panas selama sekitar 1 menit sebelum menambahkan sekitar ⅓ strip tortilla (Anda tidak ingin membuat wajan menjadi padat). Goreng, aduk sesekali hingga berwarna keemasan dan renyah. Pindahkan ke piring berlapis handuk kertas dan atau loyang yang ditaburi garam secukupnya. Ulangi sampai semua potongan tortilla telah digoreng. Sisihkan hingga siap dihidangkan.
  • Membuat Quesadillas Ayam: Panaskan wajan besar dengan api sedang. Letakkan tortilla di atas wajan, biarkan hangat selama sekitar 30 detik lalu balik (jangan ragu untuk melakukannya 2 sekaligus jika wajan Anda cukup besar, atau gunakan 2 wajan untuk mempercepat prosesnya). Letakkan segenggam keju parut di tengah tortilla, sisakan sekitar satu sentimeter ruang kosong di sekitar tepinya. Taburi satu sisi tortilla dengan sesendok ayam suwir dan sayuran pedas, jika digunakan. Biarkan masak selama sekitar 30 detik sebelum dilipat menjadi dua. Masak selama 1-2 menit lagi, balik sekali atau dua kali, sampai keju meleleh dan bagian dalamnya panas. Ulangi sebanyak yang Anda suka. Potong menjadi segitiga jika Anda mau.
  • Untuk penyajian, cicipi sup sebagai bumbu dan sesuaikan jika perlu. Sendok sup ke dalam mangkuk dan taburi dengan queso fresco, alpukat, dan ketumbar. Taburi dengan saus pedas, jika menggunakan, lalu peras jeruk nipis di atas semuanya. Taburi dengan potongan tortilla yang renyah dan sajikan bersama quesadillas.

Akhir Kata

Baiklah berikut tadi merupakan penjelasan Informasi seputar pengertian pengertian teks prosedur. Semoga artikel ini dapat membantu kamu untuk membuat teks prosedur dengan baik. Penulis ingin mengucapkan banyak terimakasih kepada kalian pengunjung setia blog ini, dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya.