Begini Penjelasan Pakai Sweater 3 Desember Yang Viral Di TikTok

Sultranesia.id – Sweater 3 Desember saat ini sedang ramai diperbincangkan netizen. Tren istilah sweater 3 Desember sendiri berasal dari TikTok. Lalu, apakah arti dari sweater 3 Desember? Apakah yang melatarbelakangi peringatan 3 Desember?

Jika kamu mengira tanggal 3 Desember adalah peringatan hari raya ataupun hari libur nasional, maka kamu salah. Sweater 3 Desember tidak ada hubungannya sama sekali dengan keagamaan atau peristiwa bersejarah.

Istilah sweater 3 Desember sendiri diambil dari salah satu lagu yang sempat trending berjudul Heather. Lagu ini adalah karya penyanyi Conan Gray. Nah, pada artikel kali ini, kami akan membahas lebih lanjut tentang arti dibalik sweater 3 Desember.

Apakah Arti Dari Sweater 3 Desember?

Apakah Arti Dari Sweater 3 Desember

Sweater 3 Desember berasal dari potongan lirik lagu karya Conan Gray berjudul Heather. Pada lagu ini terdapat lirik berbunyi, “I still remember the third of December, me in your sweater.” Lalu, “You said if it looked better on me than it did you.” Dan “Only if you knew how much I liked you ”

Yang memiliki arti kurang lebih, “Aku masih mengingat pada 3 Desember, aku memakai sweatermu. Kamu berkata bahwa sweater itu terlihat lebih bagus kupakai daripada kau pakai. Jika saja kamu tau betapa aku mencintaimu”.

Tanggal 3 Desember sendiri bertepatan dengan musim dingin di Amerika. Jadi, maksud dari istilah sweater 3 Desember adalah ketika seseorang sangat kamu cintai memberikan kehangatan kepada dirimu. Begitulah maksud tren yang saat ini sedang viral di TikTok.

Siapakah Conan Gray, Pencipta Lagu Heather?

Siapakah Conan Gray, Pencipta Lagu Heather

Conan Gray, pencipta lagu dibalik tren sweater 3 Desember, adalah penyanyi, influencer, sekaligus pencipta lagu asal Amerika Serikat. Ia sering mengunggah vlog dan cover lagu di Youtube saat ia masih remaja.

Pria kelahiran 5 Desember 1998 ini menandatangani kontrak dengan Republic Records di tahun 2018. Debut EP-nya, Sunset Season telah di streaming lebih dari 300 juta kali. Album debutnya yang dirilis pada tahun 2022, Kid Crown, menduduki peringkat 5 di Billboard 200.

Tidak hanya itu, singlenya yang berjudul Maniac total telah diputar 100 juta kali di Spotify. Pencapaian-pencapaian tersebut membuat Gray menjadi artis terbesar Amerika Serikat yang debut di tahun 2020.

Kehidupan Conan Gray

Kehidupan Conan Gray

Conan Gray adalah blasteran Irlandia dan Jepang. Ayahnya berasal dari Irlandia, sedangkan ia mewariskan darah Jepang dari ibunya. Karena kondisi kakeknya yang sakit-sakitan, saat ia bayi, ia harus pindah ke Jepang, tepatnya di Hiroshima.

Baca juga  Link Video Kebaya Merah Viral Asli Full Durasi 16 Menit Yang Viral

Setelah menetap di Jepang selama dua tahun, ia kembali ke California. Gray kecil sangat lancar berbicara bahasa Jepang meskipun pada akhirnya ketika dewasa, ia sudah tidak mahir lagi.

Di dalam video Draw My Life yang Gray upload ke channel Youtubenya, ia bercerita mengenai kehidupannya. Ia bercerita bahwa Ayah dan Ibunya bercerai ketika ia masih berusia tiga tahun. Di dalam video tersebut, ia menceritakan dengan rinci tentang perceraian orang tuanya.

Semasa kecil ketika ayah Gray berada di militer, ia pindah sebanyak dua belas kali. Pada saat ia kelas enam, ia bahkan pindah tiga kali. Gray dulu sering dibully ketika di sekolah dasar. Ia bahkan pernah belajar di sekolah yang hanya memiliki lima anak Asia disana.

Pada saat remaja, ia pindah ke Texas. Disana, ia mendapatkan banyak inspirasi musik dan seni. Saat ia diterima di UCLA, ia pindah ke apartemen di Los Angeles pada tahun 2017.

Seperti yang ia ceritakan dalam video Draw My Life, ia sering berpikir bahwa hidupnya hancur. Ketika ia merasa hidupnya menjadi sedikit lebih baik, ia terpaksa harus pindah dan beradaptasi kembali. Hal itu tentunya sangat sulit bagi Gray.

Apakah Makna Dari Lagu Heather?

Apakah Makna Dari Lagu Heather

Heather, lagu dibalik trend sweater 3 Desember, ini bercerita tentang hubungan cinta segitiga biseksual. Menurut Conan, lirik Heather dibuat untuk laki-laki yang sangat ia cintai. Namun sayangnya, laki-laki itu jatuh cinta kepada Heather, seseorang yang menjadi inspirasi judul lagu ini.

Di dalam lirik, Conan berharap dia bisa secantik Heather. Conan juga melanjutkan bahwa karena cintanya bertepuk sebelah tangan, ia menjadi sangat membenci Heather. Ia membenci Heather dengan segenap jiwanya. Meskipun ia sadar bahwa Heather adalah seseorang yang sempurna.

Conan bercerita bahwa Heather sangat baik. Dia ramah dan terlihat polos. Ia selalu ceria dan harum seperti bunga aster. Pada dasarnya, tidak ada alasan tertentu untuk membenci Heather karena Heather adalah gadis yang sempurna.

Hanya saja, Conan sadar bahwa ia sangat jauh berbeda dengan Heather sehingga ia tidak menyukai gadis itu. Ia bahkan berharap terjadi sesuatu yang buruk kepada Heather agar Heather pergi dari kehidupannya. Jadi kesimpulannya, Conan sangat iri kepada Heather.

Fakta Tentang Heather

Fakta Tentang Heather

Pada awalnya, Conan ragu untuk merilis lagu ini karena menurutnya, lirik dalam lagu ini bukanlah sesuatu yang bagus untuk didengar. Namun disisi lain, ia juga berpikir bahwa belum ada seseorang yang pernah mengungkapkan perasaannya di dalam lagi seperti ini.

Pada saat menulis lagu ini, ia sangat malu. Ia merasa seperti ia gila dan hanya dia yang merasa seperti itu. Ia bahkan sempat berpikiran untuk menghapus lagu Heather dari albumnya. Tapi tidak disangka, ternyata banyak orang yang merasakan hal yang sama seperti dia.

Ia berpikir, orang-orang akan membenci lagu itu karena lagu itu menunjukkan kebencian mendalam kepada seseorang yang sempurna dan baik hati. Tapi ternyata, banyak sekali orang yang berada di posisi Gray.

Baca juga  Cara Daftar Tiktok Shop Untuk Jualan Online di Aplikasi Tiktok

Lagu ini keluar pada 20 Maret 2020 sebagai bagian dari album debut Conan Gray, “Kid Krow”. Conan sempat memberi sedikit bocoran beberapa bulan sebelumnya di Twitter. Ia juga mengatakan bahwa lagu ini menjadi salah satu lagu favorit di albumnya.

Menurut Gray, dia selalu menangis setiap kali mendengarkan lagu ini karena ia terlalu sedih. Ia merasa ada di situasi dimana ia sangat mencintai seseorang, namun kesempatan mereka bersama adalah nol. Seseorang itu sama sekali tidak tertarik dengan Conan.

Apakah Yang Melatarbelakangi Terciptanya Lagu Heather?

Apakah Yang Melatarbelakangi Terciptanya Lagu Heather

Lagu ini menceritakan kehidupan Conan ia masih bersekolah. Dimana saat itu ia menghabiskan empat tahun menyukai menyukai seseorang. Yang sayangnya, tidak menyukai ia balik.

Conan menjuluki lagu ini sebagai kisah percintaannya yang paling jujur hingga saat ini. Dengan kata lain, lagu ini berdasarkan kisah nyata dimana orang yang ia sayang ternyata mencintai orang lain, yaitu Heather. Ini membuatnya membenci Heather dengan segenap jiwa dan raga.

Terlepas dari kebenciannya kepada Heather, Conan mengakui bahwa Heather adalah seseorang yang luar biasa. Conan berkata bahwa setelah lagu ini menjadi hits, ia merasa perlu meminta maaf kepada Heather.

Tentu saja hal tersebut terjadi di masa lalu. Sehingga ketika menceritakan kembali saat ini, Conan merasa kebenciannya kepada Heather sangat lucu dan tidak masuk akal. Meskipun demikian, Conan juga menceritakan bahwa Heather adalah lagu yang paling emosional di albumnya.

Lirik Lagu Yang Menginspirasi Sweater 3 Desember

Lirik Lagu Yang Menginspirasi Sweater 3 Desember

Tren sweater 3 Desember memang membuat banyak orang penasaran tentang arti dibalik tren tersebut. Biar lebih jelas, disini kami akan jelaskan mengenai lirik lagu yang menjadi inspirasi tren viral ini.

[Verse 1] I still remember (aku masih ingat)
Third of December (pada 3 Desember)
Me in your sweater (aku memakai sweatermu)
You said it looked better on me than it did you (kamu berkata bahwa ia terlihat lebih baik kupakai daripada kamu pakai)
Only if you knew, (kanya saja jika kamu tahu)
how much I liked you (betapa aku sangat menyukaimu)
But I watch your eyes as she (tetapi aku lihat matamu ketika dia)

[Pre-Chorus] Walks by (Lewat)
What a sight for sore eyes (pandangan yang membuat mata sakit)
brighter than a blue sky (lebih terang dibanding langit yang biru)
She’s got you mesmerized while I die (ia membuatmu terpesona, sedangkan aku terasa mati)

Di dalam lirik tersebut dijelaskan bahwa Conan sangat mencintai seseorang. Namun pandangan orang itu selalu tertuju kepada Heather yang secerah langit biru. Seseorang itu memandang Heather dengan terpesona, sedangkan Conan merasa mati karena sakit.

Baca juga  Link Wanita Kebaya Hijau yang Sedang Viral di Twitter dan Tiktok

Lagu ini sangat cocok untuk seseorang yang cintanya bertepuk sebelah tangan. Seseorang yang baik dan sangat dicintai, namun juga tidak dapat dimiliki. Cerita inilah yang kemudian menginspirasi istilah sweater 3 Desember yang saat ini sedang viral di TikTok.

Sejarah Sweater 3 Desember

Sejarah Sweater 3 Desember

Tanggal 3 Desember bukanlah hari raya ataupun hari bersejarah. Bisa dibilang, 3 Desember merupakan momen dimana hari bahagia seseorang yang terpaksa hancur karena kehadiran orang lain.

Jika kita artikan dari lirik Heather, sweater 3 Desember adalah istilah untuk seseorang yang berharap ia mendapatkan perhatian. Perhatian khusus dari seseorang yang ia cintai begitu dalam. Meskipun pada akhirnya harapan tersebut tidak terwujud.

Pada kenyataannya, harapan itu pupus karena seseorang yang ia cintai juga sedang jatuh cinta mendalam kepada orang lain, yaitu Heather. Seseorang yang sempurna tapi sangat dibenci oleh Conan Gray, si pencipta lagu.

Nah, sekarang apakah arti dari sweater 3 Desember sudah terjawab? Apakah kamu pernah ada di posisi sweater 3 Desember?

Penerimaan Terhadap Lagu Heather

Penerimaan Terhadap Lagu Heather

Dengan kepopuleran lagu tersebut, kamu pasti sudah mengira bahwa lagu ini disukai oleh banyak orang. Benar sekali, lagu ini menduduki puncak chart lagu di beberapa negara seperti Amerika, Singapura, Malaysia, Belgia, dan masih banyak lagi.

Beberapa pakar bahkan mengungkapkan pendapat mereka tentang lagu ini secara terbuka. Salah satunya adalah Elton John. Elton sangat terkesan dengan kemampuan menulis lagu Gray yang luar biasa.

Elton mengatakan kepada BBC bahwa ia mengagumi Conan Gray yang mampu menulis lagu se-emosional Heather sendirian. Menurut Elton, Heather layak mendapatkan popularitas karena saat ini jarang sekali ada penyanyi yang membuat lagu sendiri tanpa bantuan siapapun.

Sir Elton John menunjukkan kekagumannya pada Gray dalam sebuah wawancara dengan Radio BBC 6. Ia bercerita bahwa ada salah satu anak Amerika berusia 22 tahun yang menulis lagu Heather. Lagu yang saat ini sedang populer tanpa bantuan siapapun.

Elton melanjutkan, biasanya, dalam sebuah lagu, terdapat empat atau lima orang penulis, Jika kamu melihat nama seorang penulis di dalam sebuah lagu, itu bohong. Lagu-lagu tersebut hanyalah potongan dari lirik lagu yang tepat.

Piper Westrom dari Riff juga berpendapat bahwa Gray sangat berani dalam menuliskan lagu sensitif bertema heteroseksual. Ia menuliskan lagu tersebut dengan makna kecintaannya terhadap seseorang yang sangat dalam.

Akhir Kata

Istilah sweater 3 Desember diambil dari lirik lagu Heather karya Conan Gray. Lagu ini bercerita tentang rasa cintanya yang dalam kepada seseorang namun seseorang tersebut mencintai orang lain, yaitu Heather. Jadi, maksud dari sweater 3 Desember adalah cinta bertepuk sebelah tangan.