Wakil Wali Kota Kendari, Siska Karina Imran menyerahkan tiga rancangan Raperda kepada Ketua DPRD Kota Kendari, Subhan. Foto: Ipul. Humas Pemkot

Pemerintah Kota Kendari menyerahkan tiga rancangan peraturan daerah kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari pada Jumat (6/8).

Penyerahan itu dilakukan langsung oleh Wakil Wali Kota Kendari, Siska Karina Imran dan diterima oleh Ketua DPRD Kota Kendari, Subhan di Gedung Paripurna DPRD.

Dalam sambutannya, Siska mengatakan usulan penyusunan rancangan peraturan daerah ini merupakan tindak lanjut dari amanah UU No. 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja dan Peraturan Pemerintah No. 16 tahun 2021 tentang Pedoman Pelaksanaan UU No. 28 tahun 2002 tentang Bangunan Gedung.

Baca Juga :   Dapat Pinjaman Rp374 Miliar, Ini Tiga Program yang Akan Dibangun Pemkot Kendari

“Pada kesempatan ini saya atas nama Pemerintah Daerah Kota Kendari menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas kesempatan dewan dalam penyerahan untuk selanjutnya melakukan pembahasan tiga rancangan peraturan daerah yang diajukan Pemkot Kendari tahun 2021,” ujarnya saat membawakan sambutan.

Siska menyebut, rancangan perda ini sesuai dengan amanah Pasal 16 Peraturan Mentri Dalam Negri No. 80 tahun 2015 tentang Pedoman Pembentukan Produk Hukum Daerah sebagaimana telah diubah dalam Peraturan Mentri Dalam Negri No. 120 tahun 2018.

Baca Juga :   DPRD Desak Pemkot Putuskan Kontrak Pengelolaan Pasar Basah dengan PT Kurnia

“Berdasarkan rapat yang kami lakukan, Pemkot Kendari diberi waktu paling lambat bulan Agustus 2021 sudah menetapkan peraturan daerah,” tambahnya.

Orang nomor dua di Kota Lulo ini bilang, perda yang diusulkan berkaitan dengan retribusi persetujuan bangunan gedung sebagai dasar hukum bagi pemerintah daerah dalam pemberian pelayanan kepada masyarakat dan dasar pemungutan retribusi sebagai salah satu pendapatan asli daerah (PAD) Kota Kendari.

Baca Juga :   4 Kepala Dinas Lingkup Pemkot Kendari Berganti

Untuk diketahui, tiga rancangan ini berupa rancangan Perda Kota Kendari tentang perubahan ketiga atas Perda Kota Kendari No. 2 tahun 2012 tentang Retribusi Jasa Umum.

Rancangan kedua yaitu Perda Kota Kendari tentang perubahan kelima atas Perda Kota Kendari No. 3 tahun 2012 tentang Retribusi Jasa Usaha.

Terakhir berkaitan dengan rancangan Perda Kota Kendari tentang Retribusi Persetujuan Bangunan Gedung.


Editor: Wiwid Abid Abadi

sultranesia