WA Web WhatsApp : Cara Menggunakannya, Fitur, Kelebihan

Sultranesia.id – WhatsApp merupakan salah satu aplikasi chatting terpopuler saat ini. Penggunanya sudah mencapai miliaran orang di seluruh dunia. Aplikasi chat dari META INC ini menyediakan berbagai fitur keren yang bisa Anda akses. Salah satunya adalah WA Web.

WhatsApp web merupakan salah satu layanan terbaik yang dimiliki oleh WhatsApp. Dulunya apk chatting satu ini hanya bisa Anda akses melalui perangkat smartphone. Namun kini Anda bisa mengaksesnya melalui perangkat komputer atau laptop.

Layanan satu ini tentunya menjadi sebuah bentuk kemudahan Anda dalam penggunaan WA. Ketika WhatsApp bisa diakses melalui komputer atau laptop, Anda bisa dengan mudah mengirimkan file dan berbagai jenis dokumen lain untuk kemudahan aktivitas harian.

Mengenal WA Web Lebih Jauh

Mengenal WA Web Lebih Jauh

Sebelum kita melakukan pembahasan lebih lanjut, Anda harus mengenal WA website itu sendiri terlebih dahulu. Apa sebenarnya aplikasi satu ini? Siapa pengembangnya dan kenapa aplikasi ini dikembangkan oleh WhatsApp? Pasti Anda penasaran bukan?

Sederhananya, WhatsApp web ini adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Meta, agar pengguna bisa mengakses WhatsApp melalui perangkat komputer masing-masing. Jadi ketika Anda sedang tidak memegang HP, Anda tetap bisa berkomunikasi menggunakan WhatsApp tersebut.

Cara penggunaan WhatsApp web ini sangatlah mudah. Syaratnya Anda harus mengaktifkan WA terlebih dahulu di perangkat smartphone masing-masing. Kalau WA sudah aktif di HP, maka aktivasi WhatsApp Web ini akan berlangsung dengan sangat mudah.

WhatsApp Web ini menggunakan sistem mirroring dari aplikasi WA di perangkat smartphone. Jadi kalau Anda belum mengaktifkan WA di HP, secara otomatis WhatsApp Web tidak bisa diakses sama sekali. Proses aktivasinya juga hanya menggunakan scanning barcode saja.

Ketika Anda menggunakan WhatsApp Web, semua chatting dan nomor yang tersimpan pada perangkat HP akan secara otomatis tampil pada perangkat komputer. Jadi Anda tidak perlu ribet memasukkan nomor telepon secara berulang hanya untuk menghubungi pengguna lain via WA.

Jenis WA Web yang Harus Anda Tahu

Jenis WA Web yang Harus Anda Tahu

Penting untuk diketahui, ini terdiri dari dua jenis yang berbeda. Anda bisa memilih aplikasi yang paling sesuai dengan kebutuhan. Tentu saja cara penggunaan dari kedua aplikasi ini sama mudahnya. Namun masing-masing jenis WA Web ini memiliki kekurangan dan kelebihan.

Sebelum Anda menggunakannya, tentu penting sekali untuk mengenal kedua jenis WhatsApp Web yang tersedia saat ini. Pasalnya kedua jenis WA ini memiliki cara penggunaan yang berbeda satu sama lain. Apa saja jenis WA Web tersebut?

1. WhatsApp Web Browser

Jenis pertama yang bisa Anda pilih adalah WA Browser. WhatsApp web satu ini tidak mengharuskan Anda untuk menginstalkan aplikasi terlebih dahulu. Anda bisa langsung mengaksesnya melalui browser masing-masing. Cara penggunaan aplikasi ini juga sangat mudah.

Anda hanya perlu melakukan scan QR dari WhatsApp Web melalui perangkat smartphone masing-masing. Setelah ini sistem pada perangkat komputer akan merespon permintaan Anda. Secara otomatis akun WA di Smartphone akan log in ke dalam akun WA di Komputer.

Baca juga  MB WhatsApp iOS (MB WA) Apk Official iPhone Terbaru 2022

2. WhatsApp Web Exe

Selain WA versi browser, Anda juga bisa menggunakan aplikasi WA Exe. Berbeda dengan versi pertama yang bisa diakses melalui browser, versi kedua ini mengharuskan Anda untuk mengunduh file exe-nya terlebih dahulu.

Pengunduhan bisa dilakukan di situs resmi WhatsApp secara langsung. Kalau file sudah tersimpan di perangkat Anda masing-masing, setelahnya Anda hanya tinggal melakukan instalasi aplikasi tersebut. Pastikan penyimpanan internal Anda memadai saat instalasi dilakukan.]

Untuk cara penggunaannya, WA Web satu ini sama persis dengan WA versi GB WhatsApp yang sudah kita bahas sebelumnya. Scan QR diperlukan untuk proses mirroring akun whatsapp di Smartphone terhadap akun WA di Komputer.

Cara Download WA Web yang Baik dan Benar

Cara Download WA Web yang Baik dan Benar

Seperti sudah kami jelaskan pada poin di atas, WhatsApp web ini terdiri dari dua versi yang berbeda. Salah satunya adalah versi exe yang mengharuskan Anda untuk melakukan download dan instalasi aplikasi terlebih dahulu di komputer.

Proses download sama sekali tidak sulit, Anda hanya perlu melakukan langkah sederhana saja hingga aplikasi benar-benar terinstal pada perangkat. Untuk lebih mudahnya, Anda bisa mengikuti panduan di bawah ini.

  • Buka browser di perangkat Anda masing-masing
  • Langsung akses halaman resmi WhatsApp Website di https://www.whatsapp.com/download//?lang=id
  • Ada tiga opsi yang akan Anda temukan pada halaman tersebut.
  • Anda hanya tinggal memilih opsi WhatsApp for Mac atau WhatsApp For Windows
  • Klik tautan yang tersedia
  • Aplikasi akan terunduh secara otomatis.

Sebelum Anda melakukan proses pengunduhan, pastikan untuk menggunakan koneksi internet yang stabil. Cek juga penyimpanan internal Anda, pastikan kuota internet memadai dan jaringannya stabil. Penggunaan jaringan yang tidak stabil pada saat download bisa membuat apk mengalami crash.

Cara Instal WA Web Exe

Cara Instal WA Web Exe

Setelah proses pengunduhan di atas selesai Anda lakukan, kini hanya tinggal melakukan proses instalasi dari aplikasi tersebut. Prosesnya sama sekali tidak sulit. Kami jamin pemula sekalipun bisa melakukannya.

  • Pertama klik My PC pada komputer Anda
  • Kemudian langsung saja masuk ke folder download
  • Temukan apk WhatsApp Web yang sudah diunduh sebelumnya
  • Klik file tersebut dan pilih Instal
  • Dari sini akan muncul notifikasi install shield wizard.
  • Ikuti panduan yang diberikan dengan mengklik tombol next
  • Setelah selesai, ikon WhatsApp akan muncul pada desktop komputer Anda.

Sampai disini proses instalasi aplikasi selesai. Kini Anda hanya tinggal melakukan mirroring dari WhatsApp versi smartphone ke versi PC. Kita tidak bisa melakukan log in pada perangkat PC karena proses log in diganti dengan mirroring.

Cara Log in ke Wa Web

Cara Log in ke Wa Web

Kalau proses instalasi sudah dilakukan, kini kita hanya tinggal log in ke aplikasi WhatsApp Web tersebut. Seperti sudah kami jelaskan sebelumnya, proses log in ini sebenarnya adalah mirroring atau duplikasi dari akun WA di perangkat smartphone ke perangkat komputer.

Cara log in ke WhatsApp Web ini juga tidak sulit sama sekali. Namun ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum proses log in tersebut dilakukan. Langsung saja simak syarat-syarat dan cara log in tersebut pada poin-poin berikut.

Syarat Log In WhatsApp Web

Setelah kami rangkum dari berbagai sumber, ada 4 syarat utama yang harus dipenuhi ketika Anda hendak melakukan mirroring akun WhatsApp di perangkat komputer. Langsung saja, ini dia keempat syarat tersebut :

  • Anda sudah memiliki akun WhatsApp yang aktif di perangkat smartphone
  • Akun WhatsApp harus sedang aktif dan terhubung ke internet ketika proses log in dilakukan
  • Kamera pada perangkat WhatsApp harus berjalan dengan baik karena diperlukan dalam proses scanning QR Code.
  • Perangkat komputer atau Laptop Anda juga harus terhubung ke internet.
Baca juga  Cara Membuat Read More WhatsApp, Baca Selengkapnya di WA

Jika salah satu dari keempat syarat di atas tidak bisa Anda penuhi, secara otomatis proses log in ini tidak bisa dilanjutkan. Anda harus memenuhi semua syarat tersebut agar akun bisa diakses baik melalui perangkat smartphone maupun perangkat komputer.

Cara Log In WhatsApp Web di Komputer atau Laptop

Cara Log In WhatsApp Web di Komputer atau Laptop

Jika syarat-syarat di atas sudah berhasil Anda penuhi sepenuhnya, kita bisa lanjut ke tahap log in di perangkat komputer atau Laptop. Caranya sama sekali tidak sulit. Anda hanya perlu mengikuti panduan yang sudah kami siapkan di bawah ini :

  • Pertama Anda hanya perlu membuka aplikasi WhatsApp Web yang sudah diinstalkan sebelumnya
  • Bisa juga dengan membuka Whatsapp Web versi browser pada tautan berikut https://web.whatsapp.com/
  • Pada saat Anda membuka aplikasi pertama kali, akan muncul kode barcode di bagian kanan aplikasi tersebut.
  • Barcode ini harus Anda scan menggunakan fitur Perangkat Tertaut yang ada di smartphone masing-masing.
  • Buka WA pada smartphone Anda, lalu klik menu Titik Tiga yang ada di pojok kanan atas.
  • Langsung saja pilih menu Perangkat Tertaut
  • Aplikasi akan memunculkan kamera secara otomatis untuk melakukan scanning
  • Scan kode Barcode yang ada pada layar komputer Anda menggunakan kamera pada aplikasi WhatsApp tersebut
  • Tunggu sesaat, dalam beberapa detik akun Whatsapp Anda akan terduplikasi ke perangkat komputer masing-masing.

Bagaimana? Mudah sekali bukan melakukan mirroring akun Whatsapp dari smartphone ke komputer ini? Pastikan untuk mengikuti panduan tersebut secara berurutan karena kesalahan dalam metode ini akan membuat akun Whatsapp Anda gagal login.

Apakah Bisa Login WhatsApp Web di Smartphone?

Apakah Bisa Login WhatsApp Web di Smartphone

Beberapa pengguna sering bertanya bagaimana cara untuk login akun Whatsapp web di smartphone? Sebenarnya cara ini juga bisa dilakukan. Hanya saja Anda membutuhkan 2 Smartphone untuk merealisasikan metode tersebut.

Jadi smartphone pertama digunakan sebagai tempat instalasi akun utama. Sedangkan smartphone kedua digunakan sebagai sarana mirroring Akun tersebut. Sara melakukannya juga sangat mudah. Ikuti panduan dibawah ini sampai tuntas.

  • Pertama Anda hanya perlu memastikan kalau akun Whatsapp sudah terinstal di salah satu smartphone
  • Siapkan smartphone yang lain
  • Lalu buka browser di dalamnya
  • Klik pengaturan pada browser tersebut
  • Pilih opsi Tampilan Desktop
  • Centang kotak kecil yang ada di samping menu Tampilan Desktop tersebut
  • Refresh halaman pada browser
  • Tampilannya akan berubah seperti tampilan komputer.
  • Langsung saja akses halaman WhatsApp web resmi pada tautan https://web.whatsapp.com/
  • Akan muncul kode barcode pada halaman tersebut
  • Kembali pada smartphone yang pertama
  • Buka aplikasi WhatsApp dan klik titik tiga yang ada di pojok kanan atas
  • Lalu pilih Perangkat Tertaut
  • Scan kode Barcode yang muncul pada smartphone kedua dari smartphone pertama
  • Tunggu sesaat, aplikasi WhatsApp Anda akan terduplikasi secara otomatis pada smartphone kedua.

Cara ini sangat pas untuk dilakukan jika Anda ingin memantau komunikasi yang dilakukan oleh orang-orang terdekat untuk menjaga mereka dari hal-hal yang tidak diinginkan. Namun pastikan untuk tidak melakukan tindakan yang melanggar hukum dengan fitur WA Web satu ini.

Fitur Whatsapp Web

Fitur Whatsapp Web

Setelah kami rangkum dari berbagai sumber, ternyata ada banyak sekali fitur keren yang bisa Anda temukan pada aplikasi WA Web ini. Tentunya fitur-fitur ini menjadi salah satu alasan utama kenapa ada banyak sekali orang yang menggunakannya di era modern ini.

Setelah kami rangkum dari berbagai sumber, ternyata ada 4 fitur tersembunyi yang bisa Anda temukan pada aplikasi satu ini. Untuk memunculkannya, tentu saja ada beberapa trik yang harus dilakukan terlebih dahulu. Ini dia semua fitur dari aplikasi tersebut :

1. Membaca Chat Tanpa Terlihat

Fitur keren pertama yang bisa Anda temukan pada aplikasi ini adalah membaca chattingan orang tanpa diketahui pengirimnya. Jadi fiturnya memang sangat mirip dengan Whatsapp mod. Mengaktifkan fitur satu ini juga sangat mudah. Ada settingan khusus yang bisa Anda terapkan di dalamnya.

Baca juga  WhatsApp Clone Mod APK Download Terbaru 2022 Anti Banned

2. Mengetik Emoji Lewat Keyboard

Fitur unggulan lain dari aplikasi ini adalah layanan untuk mengetik emoji via keyboard. Jadi Anda tidak perlu ribet untuk mengetikkan emoji satu per satu. Cukup mengetik dengan keyboard saja. Caranya adalah ketikkan Control+alt+S. Akan muncul deretan emoji yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

3. Masuk Dengan Beberapa Akun

Ketika Anda menggunakan WhatsApp Web, Anda juga membuka beberapa akun WhatsApp sekaligus. Caranya juga sangat mudah. Pertama Anda hanya perlu membuka akun WhatsApp di browser versi biasa. Kemudian Anda hanya tinggal membuka tab samaran pada browser tersebut.

Setelahnya buka alamat WhatsApp web pada halaman kedua. Disini Anda hanya tinggal melakukan scanning barcode dengan akun WhatsApp yang lain. Fitur satu ini tentu tidak akan Anda temukan pada aplikasi WA di smartphone.

4. Penggunaan Shortcut

Karena dibuka melalui perangkat komputer, Anda juga bisa menggunakan banyak shortcut pada aplikasi WhatsApp Web ini. Pintasan ini tentu memberikan Anda banyak efisiensi ketika harus berkomunikasi dengan orang lain. Berikut ini beberapa shortcut yang paling umum digunakan oleh orang-orang.

  • Ctrl + N : Memulai obrolan baru
  • Ctrl + Shift +] : Membuka Obrolan selanjutnya
  • Ctrl + Shift + [ : Membuka Obrolan sebelumnya
  • Ctrl + E : Mengarsipkan obrolan
  • Ctrl + Shift + M : Membisukan obrolan
  • Ctrl + Backspace : Menghapus obrolan
  • Ctrl + Shift + U : Tandai sebagai belum dibaca
  • Ctrl + Shift + N : Membuat grup baru
  • Ctrl + P : Membuka status profil
  • Ctrl + Shift + Equals : memperbesar teks

Tentunya masih banyak shortcut lain yang bisa Anda temukan pada aplikasi WhatsApp web ini. Namun beberapa shortcut di atas merupakan shortcut yang paling banyak digunakan oleh orang-orang. Pastikan Anda mencobanya jika aplikasi ini sudah terinstal.

Kenapa Wa Web Tidak Bisa Dibuka?

Kenapa Wa Web Tidak Bisa Dibuka

Beberapa pengguna ada yang mengklaim kalau WhatsApp Web mereka sama sekali tidak bisa dibuka. Pasti ada kendala yang menjadi pemicu hal ini. Tentu saja penanganan yang dilakukan harus sesuai dengan penyebabnya.

Disini kami sudah meriset dan menemukan 4 penyebab utama akun WhatsApp Web tidak bisa diakses. Tentu saja Anda harus memahami hal ini dengan baik. Ini dia beberapa penyebab tersebut dan cara mengatasinya.

1. Cek Koneksi internet

Untuk mengatasi permasalahan satu ini Anda harus mengecek koneksi dan memastikannya stabil. WhatsApp Web sama sekali tidak bisa diakses jika Anda tidak memiliki koneksi internet. Cek juga koneksi pada perangkat smartphone Anda.

2. Log Out WhatsApp Web jika tidak bisa digunakan

Jika WhatsApp web tidak bisa digunakan, Anda harus me-logout akun WA Web tersebut. Lalu Anda bisa log in kembali setelahnya. Caranya juga sangat mudah. Pertama Anda hanya tinggal mengklik titik tiga di samping profil. Lalu pilih Log Out. Setelahnya scan kembali barcode dengan HP.

3. Hapus Cache pada Browser

Cara terakhir yang harus Anda lakukan jika WhatsApp web ini tidak bisa digunakan adalah dengan menghapus semua cache yang ada pada browser. Hapus semua cache melalui fitur pengaturan yang ada pada browser.

4. Nonaktifkan VPN

Jika Anda menggunakan VPN dalam browsing, nonaktifkan terlebih dulu layanan VPN tersebut. Menggunakan layanan VPN seperti ini seringkali membuat beberapa situs resmi menjadi tidak bisa diakses.

Cara yang sudah kami jelaskan di atas terbukti sangat efektif untuk mengatasi WhatsApp Web yang tidak berjalan secara optimal. Pastikan Anda memahami semua panduan penggunaan WA Web yang sudah kami jelaskan di atas agar kendala tersebut tidak terjadi.