6 Cara Sound Of Text WA dan TikTok Suara Cewek, Nani Ohayo

Sultranesia.id – Apakah kamu pernah mendengar nada dering WhatsApp yang berbeda dari biasanya? Atau video di TikTok dengan narasi layaknya suara Google? Kamu tidak salah, kedua kasus ini memanfaatkan sound of text WA, yaitu teknologi untuk membuat teks menjadi suara.

Teknologi ini juga disebut dengan text to speech, yaitu membuat suara yang berasal dari teks. Teknologi ini sangat canggih dan telah digunakan untuk berbagai kebutuhan, yang paling populer tentu saja nada dering WhatsApp dan suara di video TikTok.

Ada beberapa cara untuk membuat sound of text yang bisa digunakan oleh kalian pengguna Android atau iPhone. Namun, sebelum itu kamu harus mengetahui apa itu Sound of text? Untuk mendapatkan penjelasannya simak ulasan berikut.

Apa itu Sound of Text?

Apa itu Sound of Text

Pertama kita akan membahas apa yang dimaksud dengan sound of text terlebih dahulu. Jadi, yang dimaksud dengan sound of text adalah teknologi, yang memungkinkan manusia bisa mengubah teks menjadi suara dengan cepat dan mudah.

Canggihnya, teknologi ini bisa mengubah teks dari bahasa mana saja menjadi suara. Semua bahasa di dunia bisa dibah menjadi suara, bahkan ada suara teks yang menggunakan suara milik tokoh kartun seperti Luffy, Naruto dan lain sebagainya.

Teknologi ini sebenarnya sudah ada sejak lama, seperti Google yang juga telah memiliki fitur text to speech di setiap HP Android. Namun, orang-orang baru tahu sekarang ini, saat banyak yang menggunakannya sebagai nada dering WhatsApp maupun sound TikTok.

WhatsApp memang sudah dibekali dengan beragam nada dering, bisa dipilih sendiri di aplikasinya. Namun, terkadang pengguna juga bosan dengan nada dering yang itu-itu saja. Makanya banyak yang ingin membuat nada dering dengan sentuhan personal.

Begitu juga content creator di TikTok, yang terlalu malas atau tidak PD menggunakan suara sendiri untuk menarasikan video yang ingin mereka unggah. Kedua hal ini, membuat nada dering WhatsApp dan suara di video TikTok, bisa diatasi dengan sound of text WA dan TikTok.

Bagaimana Cara Membuat Sound of Text?

Bagaimana Cara Membuat Sound of Text

Pertanyaannya adalah, bagaimana cara membuat teks agar bisa menjadi suara? Jangan khawatir, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan, bisa dengan website dan aplikasi. Memang ada banyak aplikasi dan website yang bisa membuat teks menjadi suara.

Biasanya, perbendaharaan bahasanya juga sangat lengkap, bahasa negara-negara di seluruh dunia tersedia di dalamnya. Kamu pun bisa memilih sendiri jenis suara yang ingin digunakan, misalnya saja apakah menggunakan suara pria, wanita dan anak kecil.

Dengan website dan aplikasi dengan teknologi text to speech tersebut, kamu bisa membuat nada dering WA sesuai dengan selera. Kamu bisa menggunakan kata-kata yang lucu dan unik, yang memberitahukan bahwa ada pesan yang masuk dari WhatsApp.

Jadi, nada dering WhatsApp milikmu sekarang tidak membosankan lagi, karena sudah menggunakan suara yang dikustomisasi sendiri. Jika bosan dengan nada dering tersebut, bisa menggantinya dengan yang lebih terbaru.

Kapan Tren Teknologi Text to Speech Dimulai?

Kapan Tren Teknologi Text to Speech Dimulai

Sebenarnya, kapan sih teknologi text to speech atau sound of text ini dimulai? Meskipun sudah ada sejak lama, tren ini sebenarnya baru terjadi akhir-akhir ini. Tentu, tren ini dimulai dari nada dering WhatsApp, yang menggunakan suara dengan kata-kata khusus di dalamnya.

Baca juga  WA Web WhatsApp : Cara Menggunakannya, Fitur, Kelebihan

Setelah populer digunakan sebagai nada dering WhatsApp, trennya diikuti oleh pengguna TikTok. Saat akan membuat video TikTok, mereka memanfaatkan teknologi text to speech ini, yang mana memang lebih mudah dan praktis daripada ngomong sendiri.

Karena viral dan menjadi tren, maka banyak website dan aplikasi yang melayani pembuatan teks menjadi suara. Mereka berlomba-lomba menghadirkan fitur terbaik di dalam aplikasi dan website, seperti menambah bahasa, jenis suara dan lain sebagainya.

Sound of Text WA yang Sempat Populer

Sound of Text WA yang Sempat Populer

Kamu harus tahu, bahwa ada nada dering dari teks untuk WhatsApp yang sangat terkenal beberapa waktu yang lalu. Saking terkenalnya, banyak yang menggunakan nada dering ini dan menggunakannya sebagai nada dering WhatsApp dan aplikasi lainnya.

Apa saja nada dering tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini :

1. Nada Dering WA Sebut Nama

Pertama adalah nada dering WA yang bisa menyebut nama, yaitu namamu sebagai penerima. Jadi, kamu bisa membuat nada dering WA yang di dalamnya ada kalimat yang memuat namamu, contohnya saja “Agus, ada pesan WhatsApp masuk” dan sejenisnya.

Intinya, sesuaikan kata-katanya seperti yang kamu inginkan. Kalau bisa yang unik dan beda dari nada dering WA sebut nama yang mainstream. Gunakan kreativitasmu untuk menyusun kalimat unik dan beda dari yang lainnya.

2. Chagiya Muncha Washo

Ini adalah nada dering WhatsApp yang berasal dari Bahasa Korea. Nada dering dengan kalimat ini digunakan oleh penggila K-Pop dan K-Drama. Mereka menggunakannya untuk merasa seolah-olah mereka sedang berada di Korea dan mendapatkan panggilan mesra dari pasangannya.

3. Nani Ohayo

Terakhir Nani Ohayo, sound of text WA yang juga sempat populer beberapa waktu yang lalu. Kalimat ini berasal dari Bahasa Jepang, cocok untuk kamu yang menggilai segala hal tentang Jepang, mulai dari komik, anime dan lain sebagainya.

Selain 3 di atas, tentu banyak nada dering WhatsApp dari text to speech lain yang bisa kamu gunakan. Intinya terserah kamu ingin membuat suara dari teks yang seperti apa, karena tool untuk membuatnya pun sudah banyak, dan semuanya gratis 100%.

Cara Membuat Sound of Text untuk Nada Dering WhatsApp dan TikTok

Lalu, bagaimana cara membuat dan download sound of text? Sangat mudah, kamu hanya butuh menyiapkan kalimat apa saja yang ingin dijadikan suara. Di bawah ini akan dijelaskan situs dan aplikasi apa saja yang bisa digunakan dan bagaimana cara membuatnya.

1. Sound of Text

Sound of Text

Kamu bisa mengubah teks menjadi suara dengan website Sound of Text. Website ini merupakan salah satu yang paling terkenal dan banyak digunakan orang untuk mengubah suara menjadi teks dengan cepat dan mudah.

Website ini menyediakan suara dari berbagai bahasa di dunia, bahkan ada Bahasa Jawa di dalamnya. Cara menggunakannya juga mudah, kamu bisa akses website ini di HP atau PC, dengan browser seperti Google Chrome, Safari, Opera dan lain sebagainya.

Nah, untuk kamu yang belum pernah menggunakan website ini untuk membuat teks menjadi suara, simak tutorialnya di bawah ini :

  • Pertama, buka browser dan kunjungi website Sound of Text.
  • Setelah website terbuka, gulir ke bawah dan ketuk di kolom Text.
  • Selanjutnya tuliskan kata atau kalimat yang ingin diubah menjadi suara.
  • Jika sudah, pilih bahasa yang akan digunakan.
  • Kemudian klik Submit dan tunggu prosesnya sampai selesai.
  • Jika sudah, scroll ke bawah dan klik Play untuk memutar suara tersebut.
  • Jika cocok dengannya, silakan klik Download untuk mengunduhnya.
  • Selesai, nanti file akan ter-download dalam format MP3, dan bisa kamu jadikan nada dering WA atau suara di video.
Baca juga  22 Aplikasi Sadap WA Pacar dan Semua Target Tanpa Ketahuan!

2. Voiceoftext.com

Voiceoftext com

Berikutnya kamu bisa menggunakan website Voiceoftext.com untuk membuat sound of text Indonesia untuk nada dering WhatsApp atau suara video. Sama seperti website sebelumnya, Voiceoftext.com juga tidak kalah terkenal dan banyak pengguna.

Keunggulan dari website ini adalah proses konversi teks ke suara yang cepat, privasi pengguna yang aman 100%, sampai tersedianya Bahasa Jawa. Terus, bagaimana cara mengubah teks menjadi suara di website ini?

Mudah, silakan simak baik-baik penjelasannya di bawah ini :

  • Buka browser yang biasa kamu gunakan lalu kunjungi website https://www.voiceoftext.com/
  • Selanjutnya gulir ke bawah, lalu klik kolom INPUT-TEXT.
  • Selanjutnya ketik teks yang ingin kamu ubah ke suara, maksimal 200 kata.
  • Jika sudah, pilih bahasa yang ingin digunakan, tentu harus sesuai dengan teks yang ditulis sebelumnya.
  • Kemudian klik Convert to Voice untuk mengubah teks tersebut ke suara.
  • Tunggu proses konversi sampai selesai, lalu klik tombol Download untuk mengunduh suara tersebut ke penyimpanan HP.
  • Selesai, kamu bisa memanfaatkan file tersebut sebagai nada dering WhatsApp, atau suara di video TikTok dan semacamnya.

3. Voicemaker

Voicemaker

Cara membuat sound of text berikutnya adalah dengan website Voicemaker. Dibandingkan dengan dua website sebelumnya, Voicemaker memiliki fitur yang lebih lengkap. Di website ini, kamu bisa mengatur beberapa hal serta memilih jenis suara yang ingin digunakan.

Beberapa hal yang bisa kamu atur tentang suara dengan website ini adalah :

  • Voice Effect
  • Pauses
  • Emphasis
  • Speed
  • Pitch
  • Volume
  • Say as

Jadi, kamu bisa mengatur suara yang telah dikonversi nantinya, mulai dari volume, efek suara, jeda, kecepatan, penekanan dan lain sebagainya.

Selain bisa mengatur suara yang dikonversi, kamu juga bisa memilih jenis suara yang akan menyuarakan teks tersebut, seperti :

  • Ivy, Female (Child)
  • Joey, Male
  • Justin, Male (Child)
  • Kendra, Female
  • Kimberly, Female
  • Matthew, Male
  • Salli, Female

Sebenarnya ada jenis suara yang lebih banyak, namun tersedia dalam versi berbayarnya. Pengguna gratis hanya bisa menggunakan 7 suara di atas.

Nah, berikut ini cara membuat sound of text WhatsApp Indonesia dengan website Voicemaker :

  • Buka browser dan kunjungi website Voicemaker.
  • Setelah website terbuka, masukkan teks yang ingin dijadikan suara.
  • Berikutnya atur efek suara, jeda, penekanan, kecepatan sampai volume dari suara tersebut.
  • Selanjutnya pilih AI Engine, apakah Standar TTS atau Neutral TTS.
  • Kemudian pilih bahasa yang akan digunakan.
  • Lalu pilih jenis suara, apakah Ivy, Joey, Justin dan lain sebagainya.
  • Jika sudah, klik CONVRT TO SPEECH.
  • Tunggu prosesnya sampai selesai, jika sudah akan muncul suara teks tersebut.
  • Silakan klik DOWNLOAD MP3 untuk mengunduhnya.
  • Selesai, silakan gunakan file tersebut sesuai kebutuhan.

4. Fakeyou.com

Fakeyoucom

Kamu juga bisa membuat sound of text yang disuarakan oleh karakter terkenal, misalnya saja karakter yang berasal dari kartun. Dengan website Fackeyou.com, kamu bisa membuat suara dari Sponge Bob sebagai nada dering WhatsApp misalnya.

Tentunya ini lebih menarik, daripada menggunakan suara yang biasa saja. Sekarang, kamu bisa menggunakan suara dari karakter kartun favoritmu untuk dijadikan nada dering WhatsApp dan aplikasi lainnya.

Caranya mudah kok, silakan simak penjelasannya di bawah ini :

  • Pertama, buka browser yang biasa kamu gunakan, dan kunjungi website https://fakeyou.com/
  • Setelah website terbuka, gulir ke bawah sampai menu Buat TTS.
  • Selanjutnya pilih jenis suara yang kamu inginkan, apakah dari anime, kartun, film dan lain sebagainya.
  • Misalnya saja kamu memilih anime, maka bisa pilih jenis anime yang akan digunakan, seperti Dragon Ball, One Piece, Naruto dan lainnya.
  • Selanjutnya pilih jenis suara dari kartun tersebut.
  • Setelahnya tulis teks yang akan diubah menjadi suara.
  • Jika sudah, klik Berbicara untuk mengonversi teks ke suara.
  • Jika sudah puas dengan hasilnya, silakan download suara tersebut dalam format MP3.
Baca juga  Fouad WhatsApp APK Download (Fouad WA Mod) Terbaru 2022

5. Botika

Botika

Untuk kamu yang ingin membuat sound of text khusus dari Bahasa Indonesia, maka bisa menggunakan Botika. Ya, Botika tersedia dalam versi aplikasi dan website, dan menyediakan jenis suara yang bermacam-macam sesuai kebutuhan.

Banyak yang menggunakan Botika untuk berbagai kebutuhan, tidak hanya untuk nada dering WhatsApp dan suara video saja, seperti :

  • Pengumuman di Mall dan tempat umum lainnya.
  • Antrean customer service, seperti di kantor pemerintahan, layanan publik dan lain sebagainya.
  • Voice Over (VO).
  • Reminder, misal untuk mengingatkan orang lain akan tagihan dan sejenisnya.

Di Botika sendiri ada berbagai jenis suara dalam Bahasa Indonesia yang bisa digunakan, dengan karakteristik yang berbeda-beda, yaitu :

  • Bella, Mature-Profesional.
  • Ajeng, Youngster, Fast.
  • Syifa, Mature, Gentle, Polite.
  • Vano, Mature, Fast, Cheerfull.
  • Abima, Mature, Profesional, Optimist.

Berikut cara membuat sound of text wanita dan pria menggunakan website Botika :

  • Pertama, buka browser dan kunjungi website Botika.
  • Setelah website terbuka, tulis teks yang ingin dijadikan sound di kolom yang tersedia.
  • Jika sudah, pilih jenis suara yang ingin kamu gunakan.
  • Lalu klik CAPTCHA.
  • Kemudian klik PLAY untuk meninjau suara yang dihasilkan.
  • Jika sudah puas dengan hasilnya, klik ikon DOWNLOAD untuk mengunduh suara tersebut dalam format MP3.

Oh ya, Botika juga sudah tersedia dalam versi aplikasi mobile lho, namun sementara hanya untuk OS Android saja. Kamu bisa mengunduh Botika dari Google Play.

6. FREETTS

FREETTS

Alternatif situs lainnya yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat sound of text adalah FREETTS. Dengan situs ini, kamu bisa mengubah teks menjadi suara secara online, lalu mengunduhnya untuk berbagai kebutuhan, mulai dari nada dering, suara video, pengumuman dan lain sebagainya.

Sama seperti situs-situs sebelumnya, FREETTS juga gratis, jadi kamu tidak perlu daftar atau berlangganan untuk menggunakan situs ini. Cara menggunakannya juga mudah, cukup tulis teksnya dan ubah suara dalam bahasa yang kamu inginkan.

  • Buka browser, misal Google Chrome.
  • Selanjutnya kunjungi website FREETTS.
  • Jika website telah terbuka, masukkan teks yang akan diubah ke suara di kolom yang tersedia, maksimal 5000 karakter.
  • Kemudian pilih bahasa yang akan digunakan, apakah Inggris, Indonesia, Jepang dan lainnya.
  • Kemudian pilih jenis suara yang akan menyuarakan teks tersebut.
  • Jika sudah, klik Convert to MP3 untuk mengubah teks menjadi suara.
  • Lalu klik Download MP3 untuk mengunduh suara tersebut.

Manfaat Sound of Text

Manfaat Sound of Text

Ada banyak sekali manfaat yang diberikan oleh teknologi ini untuk umat manusia, contohnya :

  • Content creator, untuk voice over, narator konten dan lain sebagainya.
  • Pengumuman, seperti di mall, pesawat dan layanan publik lainnya.
  • Perbankan, misalnya saja untuk mengingatkan tagihan pelanggan.
  • Otomatisasi pembacaan audiobook yang baik dan natural.
  • Alat bantu saudara Disabilitas (netra).

Sound of text telah dimanfaatkan untuk banyak hal, tidak hanya sebagai nada dering WhatsApp saja. Beruntungnya, ada situs dan aplikasi gratis yang bisa digunakan untuk membuat teks menjadi suara, seperti Botika, Voicemaker, Sound of Text dan masih banyak lagi.