UPDATE!! Jadwal FYP TikTok Hari Ini 2022 Lengkap dengan Tips

Sultranesia.id – TikTok menjadi salah satu sosial media yang paling banyak memiliki pengguna. TikTok sendiri adalah aplikasi yang menyediakan konten video menarik dari konten kreator. Mereka biasanya mengunggah video dengan mengikuti jadwal FYP TikTok.

Mengapa harus demikian? Karena TikTok sendiri memiliki fitur FYP yang dimana dapat meningkatkan insight video dari konten kreator. Jika salah satu videonya bisa masuk dalam FYP maka akun yang dimiliki juga akan meningkat.

Tentunya semakin banyak video yang masuk FYP akun Tiktok kamu akan menjadi populer sehingga banyak pengiklan yang ingin produknya di pasarkan melalui akun kamu. Nah, apakah kalian tertarik? Jika ya simak dengan baik bagaimana cara masuk FYP dengan mengikuti jadwal FYP Tiktok hari ini.

Apa itu FYP TikTok?

Apa itu FYP TikTok

TikTok memiliki fitur menarik yang tidak ada di aplikasi lainnya. Fitur tersebut adalah FYP atau For You Page. FYP sendiri adalah halaman utama dari aplikasi TikTok yang dimana terdapat berbagai konten video yang muncul.

Video yang muncul tersebut adalah video-video yang dipilih berdasarkan kesukaan atau minat dari pengguna dan juga video yang sedang viral. Biasanya video yang muncul adalah video yang memiliki jumlah view cukup tinggi karena banyak orang yang tertarik untuk memberikan like dan share.

Jika Anda adalah seorang konten kreator TikTok, pasti berharap video yang Anda buat bisa masuk dalam FYP. Karena jika video yang Anda buat salah satunya masuk ke FYP pasti akan menaikkan insight akun dan video-video lainnya.

Jadwal FYP TikTok

Jadwal FYP TikTok

Agar video dalam TikTok bisa masuk dalam FYP, seorang kreator harus membuat strategi yang bagus. Bukan hanya memperhatikan kualitas video dan mengikuti tren tetapi juga mengunggah video di waktu yang memiliki banyak pengguna aktif.

Salah satu kunci sukses agar video dapat masuk FYP TikTok adalah mengunggah konten secara konsisten. Oleh karena itu, pastikan untuk mengatur jadwal unggahan video konten yang Anda buat dengan mengikuti jadwal agar masuk FYP TikTok berikut ini:

1. Senin: 12.00 – 13.00

Karena hari Senin adalah hari mulainya pekerjaan setelah liburan, banyak orang yang memiliki aktivitas cukup padat sehingga jarang untuk membuka smartphone apalagi aplikasi TikTok. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba untuk mengunggah konten video TikTok pada jam mereka senggang.

Biasanya orang akan mulai menggunakan smartphone atau mencari hiburan di aplikasi TikTok pada jam istirahat atau maka siang, yaitu jam 12.00 – 13.00.

2. Selasa: 15.00 – 16.00, 19.00 – 21.00

Sedangkan untuk hari Selasa, biasanya orang akan lebih fokus untuk menyelesaikan pekerjaan yang telah disusun di hari Senin. Karena itu mereka akan lebih banyak menghabiskan waktu untuk bekerja sehingga intensitas waktu melihat sosial media, seperti TikTok juga berkurang.

Maka dari itu, pastikan untuk mengunggah konten video TikTok di waktu yang tepat pada hari Selasa agar banyak orang yang menontonnya. Waktu yang tepat untuk mengunggah video di Hari Selasa adalah pada saat orang pulang kerja atau istirahat.

Baca juga  8 Cara Download Sound TikTok yang Viral dengan Kualitas Bagus

Jadwal FYP TikTok di hari Selasa, yaitu jam 15.00, 19.00 atau 21.00 yang merupakan jam pulang kerja atau kantor.

3. Rabu: 11.00 – 12.00, 20.00 – 21.00

Hari Rabu adalah hari dimana banyak orang mulai mencari hiburan. Mereka biasanya mencari cara lain untuk mengusir kepenatan selama bekerja. Apalagi hari Rabu adalah hari yang mendekati dengan hari weekend atau liburan.

Oleh karena itu, jadwal agar FYP TikTok yang tepat pada hari Rabu adalah di jam 11.00 dimana banyak orang yang akan istirahat makan siang atau pada malam hari sepulang kerja, yaitu jam 20.00 – 21.00.

4. Kamis: 12.00, 16.00, 19.00 dan 21.00

Meskipun masih termasuk dalam hari kerja atau produktif tapi hari Kamis adalah hari yang paling mendekati dengan hari weekend dan liburan. Oleh karena itu, banyak orang yang lebih fleksibel dalam bekerja dan mulai mencari hiburan dalam sosial media.

Meskipun membuka sosial media, seperti TikTok juga bisa dilakukan pada saat jam istirahat atau pulang kerja tetapi di hari ini mereka lebih sering untuk membuka sosial media. Anda bisa mengatur untuk mengunggah video di hari Kamis pada jam 12.00, 16.00, 19.00 atau 21.00.

5. Jumat: 11.00 – 12.00, 19.00 – 22.00

Hari ini adalah hari dimana banyak orang lebih fleksibel lagi dalam bekerja. Mereka cenderung lebih memikirkan rencana liburan atau hal lain yang akan dilakukan selama weekend. Mereka juga memiliki waktu lebih untuk melihat sosial media, seperti TikTok.

Oleh karena itu, Anda bisa mengunggah video dengan mengikuti Jadwal FYP TikTok di hari Jumat, yaitu jam 11.00 – 12.00 atau pada malam hari di jam 19.00 – 22.00.

6. Sabtu: 09.00 – 11.00, 19.00 – 21.00

Hari Sabtu adalah hari weekend yang dimana banyak masyarakat yang libur bekerja. Mereka biasanya juga lebih sering membuka sosial media untuk mencari hiburan selama weekend. Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk mengunggah konten Video TikTok agar masuk FYP.

Ada banyak pilihan waktu yang bagus untuk mengunggah konten video di hari Sabtu. Anda bisa mengunggah pada jam 09.00 – 11.00 dan 19.00 – 21.00.

7. Minggu: 07.00 – 11.00, 16.00 – 21.00

Hari Minggu adalah hari libur bagi orang banyak, Di hari ini banyak pengguna sosial media yang aktif untuk mencari informasi atau hiburan yang sedang viral. Anda bisa menggunakan waktu libur ini untuk mengunggah konten video di TikTok dan mendapatkan lebih banyak penonton.

Karena banyak orang yang memiliki waktu luang untuk melihat sosial media, Anda bisa memanfaatkannya untuk mengunggah video yang menarik. Anda bisa mengunggah video di jam manapun karena hampir semua waktu pada hari Minggu memiliki peluang yang cukup besar untuk masuk dalam FYP TikTok.

Faktor yang Mendukung FYP TikTok

Faktor yang Mendukung FYP TikTok

Jadwal FYP TikTok di atas hanyalah salah satu dari algoritma video TikTok yang dapat membantu video Anda agar bisa masuk jajaran FYP dan memiliki insight yang cukup tinggi. Video yang masuk FYP juga biasanya adalah video yang direkomendasikan berdasarkan rangking video.

Selain mengikuti jadwal FYP TikTok sekarang, pihak developer TikTok sendiri juga merilis pernyataan resminya tentang faktor apa saja yang dapat membantu video dari konten kreator bisa masuk dalam FYP. Berikut ini adalah faktor pendukung agar video Anda bisa masuk FYP:

1. Interaksi Pengguna

Faktor pendukung agar konten video Anda bisa masuk FYP adalah adanya interaksi pengguna. Semakin banyak orang yang memberikan interaksi pada akun Anda maka semakin besar juga kemungkinan akun Anda masuk dalam FYP.

Baca juga  Cara Daftar Tiktok Shop Untuk Jualan Online di Aplikasi Tiktok

Hal ini dikarenakan TikTok memberikan konten video FYP kepada pengguna dengan melihat konten apa saja yang sering mereka like atau share. Dengan interaksi yang mereka buat TikTok menyimpulkan bahwa konten tersebut adalah konten yang mereka sukai.

2. Informasi Video

Faktor lainnya adalah informasi dari video yang mendukung untuk masuk dalam FYP. Informasi video yang dimaksud adalah, seperti musik yang digunakan, hashtag hingga caption. Informasi tersebut dapat membantu sebuah konten untuk lebih menarik banyak penonton dan masuk dalam FYP.

Biasanya dalam beberapa waktu ada satu musik atau trend konten yang viral di TikTok. Anda bisa memanfaatkan hal tersebut dan membuat konten yang sedang viral sesuai dengan ciri khas Anda. Dengan begitu, ada kemungkinan besar video Anda akan masuk dalam FYP juga.

3. Pengaturan Akun

Faktor lain yang bisa membantu video Anda agar masuk FYP selain mengunggah video sesuai dengan jadwal FYP TikTok adalah pengaturan akun. Ternyata pengaturan akun juga berpengaruh terhadap algoritma untuk menampilkan video dalam FYP.

Pengaturan yang dimaksud adalah pengaturan pada negara, lokasi, pemilihan bahasa hingga jenis perangkat yang digunakan. Meskipun masuk dalam faktor pendukung tetapi pengaruh yang dihasilkan tidak terlalu besar. Namun, tidak ada salahnya jika Anda mengatur akun sesuai dengan audiens Anda saat ini.

10 Cara Supaya Konten Masuk FYP TikTok

Saat ini banyak pengguna yang berlomba-lomba membuat konten yang menarik agar bisa masuk dalam FYP banyak orang. Karena fitur FYP tersebut dapat membantu akun Anda memiliki insight yang tinggi.

Selain mengunggah video dengan menggunakan jadwal agar masuk FYP TikTok di atas, ada beberapa cara berikut ini yang bisa Anda gunakan untuk membuat konten video masuk FYP banyak orang:

1. Gunakan Hashtag dengan Benar

Gunakan Hashtag dengan Benar

Sama dengan aplikasi sosial media lainnya, TikTok juga menggunakan hashtag untuk meningkatkan pencarian suatu konten. Hashtag tersebut juga dapat meningkatkan konten video Anda agar dapat dilihat oleh banyak orang.

TikTok sendiri memiliki batasan maksimal untuk memasukkan hashtag dalam satu video. Meskipun demikian, ada beberapa tips berikut ini yang bisa Anda lakukan untuk menggunakan hashtag dengan benar dalam sebuah video TikTok:

  • Pilih hashtag yang relevan atau tidak jauh dari konten yang Anda buat.
  • Anda bisa menggunakan hashtag yang tengah populer digunakan dan yang kurang populer dalam satu postingan.
  • Gunakan trending hashtag pada niche Anda.
  • Anda bisa juga mengikuti hashtag challenge untuk meningkatkan konten video Anda.
  • Gunakan hashtag #fyp atau #ForYou.

Meskipun menggunakan hashtag yang populer, pastikan bahwa hashtag tersebut juga relevan dengan konten yang Anda unggah ya.

2. Buat Video Singkat yang Menarik Audiens

Buat Video Singkat yang Menarik Audiens

Selain konsisten dalam membuat konten video TikTok dan mengunggah sesuai dengan jadwal FYP TikTok, Anda juga harus memperhatikan kualitas konten video yang dibuat. Anda bisa membuat konten video singkat dan menarik sejak awal video.

Hal tersebut bertujuan agar nantinya audiens melihat konten Anda hingga selesai atau bahkan langsung memberikan interaksi pada video, seperti komentar. Semakin banyak orang yang menonton hingga selesai maka semakin tinggi juga nilai insight yang Anda miliki.

Dengan begitu, semakin besar pula kesempatan Anda untuk masuk dalam FYP TikTok banyak orang dan menerima insight akun yang tinggi.

3. Mengikuti Tren di TikTok

Mengikuti Tren di TikTok

Sama dengan aplikasi sosial media lainnya, TikTok juga memiliki tren video yang berganti dalam beberapa periode. Konten yang sedang tren di TikTok biasanya adalah musik yang digunakan atau bahkan challenge, seperti jogetan dan lain sebagainya.

Anda bisa membuat salah satu trend dari TikTok yang sedang viral saat ini agar video konten yang Anda bisa masuk dalam FYP sebagian banyak orang. Selain itu, dengan mengikuti tren yang Anda, kamu tidak akan kehabisan ide untuk konten lainnya.

Baca juga  Download TikTok 18 Mod Apk (TikTok 18+ Plus Tanpa Sensor)

4. Tulis Caption yang Menarik

Tulis Caption yang Menarik

Selain mengikuti jadwal FYP TikTok, cara lain yang bisa Anda gunakan adalah dengan menulis caption yang menarik. Sama dengan aplikasi sosial media lainnya, caption juga menjadi hal penting dalam mengunggah konten video di TikTok.

Pastikan bahwa caption tersebut menarik bagi audiens untuk melihat video hingga selesai. Anda bisa menggunakan caption dengan mengajukan pertanyaan atau juga memberikan rasa penasaran. Anda juga bisa menambah ajakan untuk like, komen atau share pada konten yang Anda unggah.

5. Menggunakan Lagu yang Sedang Tren

Menggunakan Lagu yang Sedang Tren

TikTok adalah salah satu aplikasi yang menyediakan konten video dengan musik yang sudah tersedia di dalamnya. Bahkan di aplikasi TikTok tidak hanya video saja yang menjadi tren tetepi musik yang digunakan juga bisa menjadi sebuah tren.

Anda bisa mencari musik apa saja yang menjadi trend pada TikTok saat ini lalu membuat video dengan latar musik tersebut. Dengan begitu, kesempatan konten video Anda untuk masuk dalam FYP jadi lebih besar dibandingkan dengan membuat musik yang tidak populer.

6. Berinteraksi dengan Kreator Lain

Berinteraksi dengan Kreator Lain

Jika Anda mengetahui sosial media Youtube pasti Anda pernah mengetahui istilah collab. Istilah tersebut merujuk pada kerja sama membuat konten dari satu Youtuber dengan Youtuber lainnya untuk meningkatkan niche akun mereka.

Hal tersebut juga dapat Anda gunakan jika menjadi konten kreator TikTok. Anda bisa melakukan kerja sama konten dengan beberapa konten kreator TikTok lainnya untuk menjalin koneksi dengan pengikut mereka dan meningkatkan insight.

Selain itu, Anda juga berinteraksi dengan konten kreator lainnya, seperti dalam komentar untuk menarik perhatian audiens mereka.

7. Memposting di Jam Prime Time

Memposting di Jam Prime Time

Meskipun ada jadwal agar FYP TikTok yang bisa Anda gunakan sebagai acuan dalam jam mengunggah video TikTok di atas, Anda juga bisa memposting video sesuai dengan insight pengikut Anda di TikTok.

Postinglah video pada waktu atau jam dimana pengguna sangat aktif dalam membuka TikTok. Di jam-jam tersebut Anda bisa memiliki peluang lebih tinggi agar video yang diunggah memiliki banyak penonton dan interaksi yang lumayan sehingga bisa masuk dalam FYP.

8. Berinteraksi dengan Followers

Berinteraksi dengan Followers

Konten video agar bisa masuk FYP adalah konten yang memiliki interaksi cukup tinggi dari audiensnya. Anda juga bisa meningkatkan engagement yang baik agar dapat membantu video Anda masuk ke FYP TikTok.

Salah satu cara yang bisa dilakukan agar konten video bisa masuk FYP adalah dengan membalas interaksi dari pengikut Anda dengan membalas komentar atau like yang ada.

9. Pakai Latar Musik yang Followers Suka

Pakai Latar Musik yang Followers Suka

Sama dengan aplikasi sosial media lainnya, aplikasi TikTok juga memberikan laporan insight kepada konten kreator mengenai followers mereka. Dengan menggunakan data insight tersebut Anda bisa melihat sound atau latar musik apa yang paling banyak disukai oleh pengikut akun Anda.

Dari insight tersebut Anda bisa mencoba untuk membuat konten yang menarik dengan menggunakan sound atau latar musik tersebut. Dengan begitu, akan semakin tinggi kesempatan video Anda masuk dalam FYP pengikut lebih sering.

10. Buat Video Pendek

Buat Video Pendek

Meskipun saat ini TikTok dapat memberikan durasi yang panjang kepada penggunanya tetapi banyak pengguna TikTok yang lebih menyukai video dengan durasi yang pendek. Anda bisa membuat video pendek TikTok 15 sampai 30 detik tetapi dengan kualitas yang bagus dan menarik.

Meskipun ada informasi mengenai jadwal FYP TikTok dan lain sebagainya seperti yang disebutkan di atas, hal tersebut tidak menjamin sebuah konten bisa langsung viral dalam satu waktu. Akan tetapi, informasi di atas bisa Anda gunakan untuk mencoba atau mencari formula yang tepat agar konten bisa masuk FYP banyak pengguna TikTok.