Ketua-ketua KNPI Sultra, Syahrul Beddu, La Ode Suriono, dan Hendarawan yang mewakili Umar Bonte saat berfoto bersama Kadispora Sultra, Yusmin usai menandatangani surat perjanjian kesepakatan bersama, Jumat (7/5) malam. Foto: Wiwid Abid Abadi/Sultranesia.ID.

Tiga kubu Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sulawesi Tenggara (Sultra) sepakat untuk islah. Ketiga kubu juga siap menggelar Musyawarah Provinsi (Musprov) Ke-XIV bersama.

Ketiga kubu KNPI yang bersepakat islah dan siap menggelar Musprov bersama adalah kubu Umar Bonte, Syahrul Beddu, dan La Ode Suriono.

Ketiganya bersepakat setelah menggelar pertemuan bersama di Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sultra pada Jumat (7/5) sore menjelang berbuka puasa.

Pertemuan tersebut difasilitasi oleh Kadispora Sultra, Yusmin, dan dihadiri Ketua Majelis Pemuda Indonesia (MPI) Sultra, Hidayatullah, Ketua KNPI Sultra Syahrul Beddu, La Ode Suriono dan Hendrawan yang merupakan Sekum KNPI kubu Umar Bonte, serta sejumlah OKP.

Baca Juga :   Terpilih Aklamasi Ketua KNPI Sultra, Putra Ali Mazi Canangkan Program "Pijar Sultra"

Setelah bersepakat, ketiganya kemudian menandatangi surat perjanjian kesepakatan bersama.

Dalam kesepakatan tersebut, Musprov KNPI Sultra Ke-XIV diagendakan dalam waktu dekat ini.

Ada 7 poin yang menjadi kesepakatan ketiga kubu KNPI Sultra tersebut. Di antaranya, para ketua-ketua KNPI Sultra sebelumnya bersepakat untuk tidak maju kembali dalam Musprov bersama nanti.

Selanjutnya, dalam pembentukan kepanitiaan bersama tetap mengakomodir berbagai saran, masukan, dan pendapat semua pihak sepanjang sesuai AD/ART yang berlaku di KNPI masing-masing.

Baca Juga :   Gubernur Ali Mazi Resmi Buka Musda KNPI Sulawesi Tenggara Ke-15

Berdasarkan poin kedua dalam kesepakatan tersebut, panitia bersama akan membahas lebih lanjut hak-hak kepersetaan dalam Musprov KNPI.

Hasil-hasil kesepakatan tersebut juga menjadi rujukan dilaksanakannya Musprov KNPI Ke-14, dan menjadi rujukan dari Pemprov Sultra.

Poin-poin dalam kesepakatan itu juga harus dilaksanakan oleh KNPI kabupaten dan kota se-Sultra.

Kemudian, dalam kesepakatan itu, Ketua KNPI terpilih dalam Musprov KNPI Ke-XIV harus mengakomodir rekomendasi calon pengurus masing-masing pihak secara proporsional.

Baca Juga :   Polisi Periksa 4 Orang Terkait Kasus Perusakan Mobil Anak Gubernur Sultra

Dalam surat kesepakatan tersebut juga ditegaskan bahwa apa yang menjadi poin-poin kesepatakan tidak dapat ditarik kembali selain dari kesepakatan ketiga belah pihak dan atau alasan-alasan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Dan apabila ada pihak yang melanggar kesepakatan, maka pihak tersebut akan mempertanggungjawabkan sendiri konsekwensi hukumnya.

Kadispora Sultra, Yusmin, mengapresiasi langkah ketiga ketua-ketua KNPI Sultra yang bersepakat untuk bersatu dan melaksanakan Musprov bersama.


Editor: Wiwid Abid Abadi

sultranesia