Antrean panjang di Pelabuhan Penyeberangan Torobulu, Konsel. Foto: Dok. Istimewa.

Larangan mudik lebaran Idul Fitri 2021 resmi berlaku hari ini, Kamis (6/5). Namun, masih ada masyarakat yang nekat mudik karena sudah terlanjur berada di pelabuhan.

Seperti pemandangan yang terjadi di Pelabuhan penyeberangan Torobulu, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), menuju Pelabuhan Tampo, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara,

Sejak dini hari Rabu (5/5) kemarin antrean kendaraan roda dua mencapai ratusan meter, begitupun dengan roda empat.

Baca Juga :   Transportasi Umum dalam Provinsi Sultra Boleh Beroperasi saat Mudik

Para calon penumpang rela berdesak-desakan mengantre demi mendapatkan tiket kapal, tanpa ada batasan jarak.

Bahkan, ada yang rela menginap di pelabuhan hingga Kamis (6/5) pagi untuk menunggu agar bisa masuk ke dalam kapal dan menyeberang ke daerah tujuan.

“Banyak yang tidur di motor, bahkan ada yang mengelar tikar dipinggir gedung,” kata seorang pemudik di Pelabuhan Torobulu, La Ode Mansabdar kepada Sultranesia.ID.

Baca Juga :   Belasan Pemudik Dipaksa Putar Balik di Perbatasan Sultra - Sulsel

Pria yang mengaku akan mudik ke Kabupaten Muna dengan kendaraan roda empat ini mengaku sudah mengantre selama 13 jam lantaran banyaknya kendaraan.

“Saya sejak pukul 14.00 WITA kemarin di sini. Tapi sampai sekarang belum bisa menyebrang. Kemungkinan besar sore ini,” katanya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, sebanyak dua armada kapal Fery yang belayar, trip pertama sekitar berangkat pukul 07.00 WITA, kedua pukul 10.00 WITA, ketiga 13.30 WITA, keempat pukul 16.30 WITA, dan kelima sekitar pukul 22.00 WITA.

Baca Juga :   Larangan Mudik, Perbatasan Kendari - Konsel - Konawe Belum Dijaga Ketat

Editor: Denyi Risman

sultranesia