Sekertaris Dispusid Sultra, Nurlena Haraha. Foto: Herlis/Sultranesia.ID

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulawesi Tenggara (Sultra) menggagas aplikasi i-Sultra untuk meningkatkan minat baca masyarakat.

Apa itu Aplikasi i-Sultra?

Sekertaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sultra, Nurlena Haraha kepada Sultranesia.ID menjelaskan, aplikasi tersebut dapat memudahkan masyarakat memperoleh bahan bacaan tanpa harus datang ke Perpustakaan Sultra.

“Kami sedang membangun sistem aplikasi dengan pihak ke tiga bernama aplikasi i-Sultra, saat ini masih dalam tahap proses,” kata Nurlena, Kamis (24/4).

Baca Juga :   Beberapa Karyawan Diduga Positif COVID-19, Bank Mandiri KC Kendari Ditutup

Dengan adanya aplikasi itu, pembaca tidak perlu datang ke Perpustakaan, hal itu bisa mengurangi kerumunan. Langkah itu juga sebagai salah satu cara menekan laju penyebaran COVID-19.

Untuk bisa mengakses aplikasi tersebut, masyarakat perlu menjadi anggota perpustakaan terlebih dahulu. Kemudian, mereka bisa membuka aplikasi tersebut dan mengajukan pinjaman dengan jangka waktu selama 4 hari.

Baca Juga :   Pemkot Kendari Kembali Evaluasi Pemberlakuan Belajar Tatap Muka

“Setelah 4 hari, akses atau link ke buku yang dipinjam akan putus. Kalau mereka mau perpanjang lagi, tinggal buka kembali itu aplikasi,” katanya.

Nurlena bilang, semua aktifitas masyarakat dituntut untuk bisa menguasai teknologi. Pihaknya juga mencanangkan agenda tersebut sebagai wujud dukungan terhadap Pemerintah Sultra menuju era teknologi.


Editor: Wiwid Abid Abadi

sultranesia