Kegiatan dialogo yang digelar Explore Sultra DPD Buteng. Foto: Dok.Istimewa

Memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 92 Tahun 2020, Explore Sultra DPD Buton Tengah (Buteng) menggelar dialog kepemudaan seribu goa dengan tema peran pemuda dalam pengembangan kearifan lokal di tengah polemik omnibus law.

Kegiatan tersebut digelar di salah satu warung kopi pada Rabu (28/20) malam dan dihadiri oleh pemuda serta mahasiswa.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut anggota DPR RI dapil Sultra, Haerul Saleh dan Ketua DPRD Kolaka, Sainal Amrin.

sultranesia sultranesia

Dialog diisi oleh pemateri dari berbagai kalangan, seperti akademisi oleh Mohammad Rais, wisatawan oleh Ganda Suhendra, Nur Rahmat Karno dari kalangan advokat.

Ketua Explore Sultra DPD Buton Tengah, Rusiana mengatakan, kegiatan yang dilakukan sebagai refleksi atas degradasi budaya yang telah terjadi di Indonesia, khususnya Sulawesi Tenggara.

Berita Terkait :   Explore Sultra DPD Buteng Kenalkan Produk Pangan Sehat Home Industri di Mawasangka

“Selain sebagai peringatan sumpah pemuda, kegiatan ini juga sebagai peringatan bahwa budaya asli kita ini sudah banyak dipengaruhi oleh budaya asing, penyadaran juga bahwa sumpah pemuda jangan menjadi sampah pemuda,” katanya.

Dipenghujung acara, sebagai kenang-kenangan dari Explore Sultra DPD Buton Tengah memberikan sebuah cinderamata yakni Kampurui khas daerah Buton kepada pemateri, dewan pembina dan anggota DPR RI dapil Sultra sebagai ucapan terimakasih karena telah berpartisipasi dalam dialog.


Laporan: Agustina Wulandari

sultranesia