Kwarda Sulawesi Tenggara. Foto: Agustina Wulandari/Sultranesia.id

Memperingati hari sumpah pemuda yang jatuh pada hari ini, Rabu (28/20), Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar upacara bendera.

Ketua Kwarda Sultra, Irawan Laliasa mengatakan, upacara tersebut dirangkaikan dengan kegiatan kesiapsiagaan Pramuka peduli dalam penanggulangan bencana khususnya COVID-19.

“Ini adalah kebijakan kwartir nasional, seluruh daerah melakukan hal ini, baik dari kwartir nasional maupun cabang,” jelas Irawan.

sultranesia sultranesia

Lebih lanjut dirinya mengatakan telah bekerjasama dengan gugus tugas COVID-19 dalam mengambil bagian menanggulangi COViF-19 di Sultra.

“Kami menyampaikan kepada gugus tugas untuk diparalelkan dengan tugas-tugas yang ada, kami memasukkan program, nanti gugus tugas yang mengatur bagaimana distribusi itu tidak jadi tumpang tindih dengan lembaga lain,” katanya.

Diungkapkan juga jika selama pandemi ini bermula, mereka telah melakukan berbagai kegiatan, seperti membagikan masker diberbagai tempat, ikut serta salam penyemprotan disinfektan di beberapa titik, serta pembagian sembako.

Sementara itu, Entis Sutisna, Wakil Ketua Kwarda Sultra menjelaskan bahwa kwarda berkoordinasi dengan gugus tugas provinsi dalam melakukan kegiatan.

“Kami dalam melakukan aksi sosial itu tidak boleh mengambil tindakan sendiri, jadi kami mengikuti arahan dari gugus tugas,” jelasnya.

Selain turun langsung di lapangan, Kwarda Sultra juga menginstruksikan kepada kwartir cabang untuk melakukan kegiatan sosial sesuai dengan kebutuhan di daerah masing-masing.

Dalam moment sumpah pemuda ini juga, Kwartir Daerah Sultra menghimbau kepada pemuda agar bisa mengambil peran nyata di masyarakat.

“Harapannya pemuda dapat mengbil peran tidak hanya sekedar ucapan tapi harus berperan secara lahir batin yang bisa dirasakan dan bermanfaat langsung bagi masyarakat,” pungkasnya.


Laporan: Agustina Wulandari

sultranesia