Salah satu rumah warga yang dirusak saat kerusuhan di Lasalimu Pantai. Foto: Dok. Istimewa.

Polisi telah menetapkan 13 tersangka dalam kerusuhan yang terjadi di Desa Lasalimu Pantai, Kecamatan Lasalimu Selatan, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) yang terjadi pada Senin (22/11) malam lalu.

Kapolres Buton, AKBP Gunarko, mengungkapkan 13 orang yang ditetapkan sebagai tersangka itu diduga kuat melakukan perusakan dan pembakaran kendaraan dan rumah.

“Kami telah memeriksa 26 orang atas kejadian itu. Sudah (ada terangka). Jadi, kemarin kita mengamankan dalam rangka mengambil keterangan. Dari 26 orang yang diambil keterangannya, 13 orang kita naikkan statusnya menjadi tersangka,” kata Gunarko dalam keterangannya.

Baca Juga :   Rusuh di Lasalimu Pantai, Buton, Polisi Aman 8 Orang Termasuk Kades

Dari 13 orang yang ditetapkan sebagai tersangka tidak ada nama kepala desa. Padahal diketahui kepala desa juga sempat diamankan untuk dimintai keterangan.

Namun demikian pihak kepolisian masih terus melakukan penyelidikan dN penyidikan lebih lanjut.

“Semua yang ditetapkan tersangka adalah warga. Untuk kepala desa masih dalam proses penyelidikan. Dari 13 orang yang ditetapkan sebagai tersangka saat ini sembilan orang diantaranya sudah dilakukan penahanan. Sedangkan empat orang di masih di bawah umur, sehingga dilakukan wajib lapor,” ungkap Gunarko.

Baca Juga :   Dua Pengendara Motor di Buton Tengah Tabrakan, Satu Orang Tewas

Para tersangka itu dijerat dengan Pasal 170 dan Pasal 406 KUHP tentang secara bersama melakukan pengerusakan dengan ancaman di atas lima tahun penjara.


Editor: Wiwid Abid Abadi

sultranesia