Wali Kota Kendari saat melantik Ketua GPMB Kendari beserta jajarannya. Foto: Dok. Kendarikota.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir melantik sejumlah Pengurus Daerah (PD) Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Kota Kendari pada Senin (4/10).

Kehadiran GPMB di Kota Kendari menurut Sulkarnain, mempunyai peran yang sangat strategis di tengah masyarakat dengan kemajuan teknologi yang pesat untuk dapat meningkatkan kualitas literasi.

“Mereka punya peran yang sangat strategis, dengan kemajuan teknologi, literasi masyarakat harus terus ditingkatkan untuk menghindari hoax, berita yang tidak bertanggungjawab serta masyarakat belajar untuk menyampaikan pendapat dengan cara yang baik dan benar,” ujar Sulkarnain.

Baca Juga :   Pemkot Kendari - BI Sultra Launching Elektronifikasi Transaksi Pemda

Dalam mendukung kehadiran GPMB, Sulkarnain menyebutkan pihaknya akan memberikan jaringan hingga ke kelurahan untuk mempermudah akses dengan masyarakat.

“Akan kami berikan jaringan ke kelurahan bahkan sampai RT RW, supaya masyakat kita ini terbiasa menulis yang benar, membaca lebih rajin, jangan hanya baca judul kemudian disebar, padahal belum tentu menggambarkan isinya,” katanya.

Baca Juga :   PPKM di Kota Kendari Diperpanjang Lagi hingga 2 Agustus

Untuk memulai kiprah GPMB di Kota Kendari, Sri Lestari yang menjabat sebagai Ketua GPMB menginginkan agar program mereka nantinya dapat menjawab tantangan yang ada pada pelajar-pelajar di Kota Kendari.

“Sekarang kan pelajar ini cenderung ke IT, dan jamannya paperless jadi insyaAllah kami akan buat website yang semua produk dari pengurus yang terhimpun dari akademisi, kesehatan, tenaga pendidikan, hukum yang berbentuk tulisan untuk bisa di akses oleh masyarakat,” terangnya.

Baca Juga :   Wali Kota Kendari Launching 10 Unit Mobil Jajanan Kuliner

Sri juga berharap organisasi yang di ketuainya tersebut dapat berdampak baik untuk generasi mendatang yang melek akan literasi.

“Mudah-mudahan GPMB Kota Kendari bisa menghadirkan program kerja yang benar-benar bisa dirasakan efeknya untuk generasi mendatang, yaitu generasi yang sehat, cerdas, dan berbudaya,” utupnya.

sultranesia